PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI SDN CIBUK LOR

  • Binti Muakhirin Prodi Manajemen Pendidikan, Fakultas Pascasarjana, UST Yogyakarta
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) serta hasil belajar pada pembelajaran IPA di SDN Cibuk Lor Seyegan Sleman Yogyakarta pada siswa kelas VI tahun ajaran 2018/2019. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah salah satu keterampilan di mana siswa diajarkan untuk berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus, dan setiap siklus 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah lembar observasi yang dianalisis secara kualitatif serta tes yang menghitung perolehan atau peningkatan nilai pretest hingga posttest. Indikator HOTS adalah kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dari siklus I ke siklus II dan sudah mencapai 75%. Selain itu, hasil belajar kognitif siswa juga meningkat dengan perolehan hasil tes dari 0,19 menjadi 0,27.
Keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran inkuiri. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sehingga mencapai rata-rata nilai KKM

References

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. 1(2), 92–100.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.
Juliani, W. iffah, & Widodo, H. (2019). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Smp Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 65–74. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i2.3678
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
W.Conclin&J.Marco.2010. Higher Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners. Shell education Publishing,Inc.Huntington
Yuyu, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.
Published
2022-01-29