PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEAM DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Latar Belakang: Dalam menghadapi era ini pendidik baik guru maupun dosen harus menghadirkan konten pembelajaran yang mengajarkan peserta didik atau mahasiswa untuk memiliki keterampilan 4C yaitu critical thingking and problem solving, communication, collaboration, dan creativity and innovation. Pendekatan Pembelajaran yang menjadi ciri khas era 5.0 yakni pada kolaborasi sesaui dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematic).Pendekatan STEAM saat ini berkembang, melatih peserta didik untuk mampu menghadapi dan beradaptasi dengan tuntutan zaman
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu pengumpulan data berdasarkan jurnal dan penelitian yang berkaitan dengan topik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara pendekatan STEAM dan model dalam pembelajaran biologi untuk mencapai tuntutan belajar di era society 5.0.
Hasil: Pembelajaran dengan pendekatan STEAM merupakan pembelajaran kontekstual. Pada beberapa penelitian mengenai STEM dengan model pembelajaran, teruji efektif.
Kesimpulan: STEAM sendiri merupakan lanjutan dari STEM dengan penambahan Art dalamnya. Pada data penelitian yang diperoleh dari studi literatur,pembelajaran mengalami peningkatan dan ada peningkatan berpikir kritis serta kreatif siswa sesuai dengan tuntutan era society 5.0
References
Arjunaita. 2020. Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional. Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Banila, L. 2021. Penerapan Blended Learing Dengan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siwa Pada Pembelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal of Biology Learning. Volume 3 No.1 Maret, pp. 25-33. Print ISSN: 2623-2243, Online ISSN: 2623-1476
Fadlina, dkk. 2021. Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Stem Pada Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9 (1): 99-107. E ISSN: 2615-840x P-ISSN: 2338-4379
Dewi, K.P 2021. Inovasi Pembelajaran Biokimia dalam Menyongsong Era Super Smart Society 5.0. proceeding of Integratif Science Education Seminar. Volume 1, pp 33-41.
Holroyd, C. (2020). Technological innovation and building a ‘super smart’ society: Japan’s vision of society 5.0. Journal of Asian Public Policy, 00(00), 1–14.
Imamah, Z. 2020. Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode pembelajaran berbasis STEAM and Loose Part.Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021. Volume 15 No. 2 Juli. E-ISSN: 2548-5385.
Mu’minah, H.I. 2021. Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021.
Nurlaely, N. 2017, Pembelajaran Berbasis Projek Dengan Pendekatan Sitem Untuk Meningkatkan Literasi Stem Siswa Smp Pada Materi Bioteknologi Pangan. Masters thesis, Universtias Pendidikan Indonesia.
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Pendidikan Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.
Purwanti, I. 2021. Dinamika Sistem: Implementasi Berpikir Sistem dalam Paradigma Pendidikan berbasis STEAM. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA)
Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Mestimulasi Perkembangan Anak dengan Pendektan STEAM Melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 93-105.
Sari, P.N. 2020. Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis steam disekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar. E-ISSN: 2549-5801
Sartono, N. 2020. Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Biologi Upaya Pemberdayaan Guru Biologi Madrasah Aliyah DKI Jakarta. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Volume 2 No.1 E-ISSN: 2685-113X P-ISSN: 2685-0303
Sudibjo, N., Idawati, L., & Retno Harsanti, H. (2019). Characteristics of Learning in the Era of Industry 4.0 and Society 5.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 372(ICoET), 276–278.
Tuzzahra, U.T. 2021. Rekontruksi Desain Kegiatan Laboratorium Indera Pengecap Melalui Model ANCOR. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 7 Nomor 2. E-ISSN: 2580-0922 P-ISSN: 2460-2612
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilann Abad ke-21. 1-18.