PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI PIAGET

  • Qori’atul Muttaqin Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Proses Berpikir, Memecahkan Masalah, Teori Piaget

Abstract

Proses berpikir adalah urutan kegiatan atau aktivitas mental dan jiwa yang terjadi secara terencana dan sistematis untuk menghubungkan gagasan gagasan yang diarahkan untuk mencapai beberapa tujuan yang diharapkan dengan akal budinya. Piaget mengemukakan bahwa setiap organisme yang ingin mengadakan penyesuaian (adaptasi) dengan lingkungannya harus mencapai keseimbangan (ekuilibrium), yaitu antara aktivitas individu terhadap lingkungan (asimilasi) dan aktivitas lingkungan terhadap individu (akomodasi). Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Piaget pada materi program linear kelas XI SMK Kelautan dan Perikanan Sunan Kalijaga. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, instrument yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa subjek MLP (S1) melakukan proses berpikir yaitu, langsung dapat menentukan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, langsung menentukan rencana penyelesaian masalah sebagai pedoman dalam menyelesaikan masalah, langsung dapat menggunakan strategi penyelesaian masalah yang telah dibuat pada langkah sebelumnya dan langsung dapat menarik kesimpulan. Sedangkan subjek FNH (S2) melakukan proses berpikir yaitu langsung dapat mengidentifikasi hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan pada masalah, selanjutnya FNH mengalami kebingungan dalam menentukan rencana penyelesaian masalah sehingga proses berpikirnya terjadi disequilibrasi yang kemudian FNH mengkonstruksi skema yang dimiliki dengan informasi yang ada pada masalah untuk menentukan strategi penyelesaian masalah yang tepat, kemudian langsung menyelesaikan masalah sesuai perencanaan yang telah dibuat pada langkah sebelumnya dan langsung dapat menarik kesimpulan yang tepat

References

Amir, M. F. (2015). PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, 159-168.
BAKARA, A. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM OPERASI LOGIS BERDASARKAN TEORI PIAGETDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. jurnal pendidikan matematika dan ipa, 3-10.
Billy Suandito, D. P. (2009). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA NON RUTIN . JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, VOLUME 3. NO. 2, 2-10.
Fitriyah. (2015, juni 26). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Berdasarkan Taksoonomi SOLO Pada Materi Lingkaran Kelas VIII A MTS Mambaul ulum Telogo Rejo Karangawen Demak. Retrieved from WALISONGO Institutional Repository: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4190
Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. INTELEKTUALITA - Volume 3, Nomor 1,, 26-36.
Matheus Supriyanto Rumetna, T. N. (2021). Optimasi Jumlah Produksi Roti Menggunakan Program Linear Dan . CBIS JOURNAL - VOL. 09 NO. 01 (2021) : MARET, 42-46.
Patma Sopamena, N. S. (2018). PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PIAGET PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SMA NEGERI 11 AMBON. Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, 84-92.
Rohati2), R. D. (2014). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS POE (Predict, Observe, Explain) PADA MATERI PROGRAM LINEARKELAS XII SMA. Jurnal Sainmatika Vol 8 No 1, 96-109.
Sa'diah. (2019). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Matemtika Berdasarkan Teori polya Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SNP Negeri 2 Kauman Tulungagung. Jurnal Tadris Matematika Vol. 3, 15.
Siti Komariyah, D. S. (2018). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal LP3MSOSIOHUMANIORA - Vol.4, No.1, 1-7.
Yuwono, A. (2010). P R O F I L S I S W A S M A D A L A M M E M E C A H K A NM A S A L A H M A T E M A T I K A D I T I N J A UD A R I T I P E K E P R I B A D I A N. Jurnal Pendidikan Matematika Vol: No.1, xviii-cIxi.
Published
2022-01-29