PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERDASARKAN TINGKAT PEMAHAMAN MENURUT POLYA

  • Moch. Fata Firmanto Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Pemahaman Matematis, Memecakan Masalah, Aritmatika Sosial, Tingkat Pemahaman Polya

Abstract

Latar Belakang: Pemahaman matematis adalah kemampuan yang sangat penting oleh siswa dan harus dimiliki. Syarifah (2017:60) berpendapat bahwa pemahaman matematis adalah tujuan dari pembelajaran matematis. Pemahaman matematis merupakan suatu tujuan, dapat diartikan bahwa dalam pemahaman matematis terdapat pemahaman kosep, membedakan beberapa kosep yang terpisah, serta kemampuan melakukan perhitungan secara kritis dalam menyelesaikan masalah yang lebih luas. Dapat diartikan bahwa pemahaman matematis adalah tujuan yang sangat penting dalam hal pembelajaran, memberikan pengertian dan arahan pada materi-materi yang diajarkan kepada siswa tidak hanya dengan cara menghafal.
Metode: Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat 2 calon subjek yang merupakan siswa kelas VII yang sudah pernah pernah memperoleh materi aritmatika sosial.
Hasil: subjek tersebut dapat memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan mampu menyatakan definisi ketika tes wawancara.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka diperoleh kesimpulan bahwa kedua subjek mampu memenuhi 5 indikator dari 6 indikator yang ada

References

Arjuna Yahdil Fauza Rambe, L. D. (2020).
Analisis Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Materi Barisan
dan Deret. Jurnal Pendidikan dan
Matematika Vol.9 No.2, 175-187.
Darto, M. Z. (2012). Evaluasi pembelajaran
Matematika. repository UIN Sultan
Syarif Riau, 11.
Deka Purnama Sari, N. N. (2016).
Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Matematis Melalui
Pendekatan Pembelajaran Student
Teams Achivement Division. Riset
Pendidikan Matematikan Vol. 3
No.1, 16-22.
Iska Agustina, A. Q. (2020). Penerapan
Model Penemuan Terbimbing
Untuk Meningkatkan Pemahaman
Matematis Siswa Kelas F4 SMAN 5
Malang Pada Materi Turunan.
Jurnal Riset dan Konseptual, 284.
Kesumawati, N. (2012). Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman
Matematis Siswa SMP Melalui
Pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia
(PMRI). Pendidikan Matematika
Vol. 6 No.2, 31.
Luluk Wahyu Nengsih, S. C. (2019).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Sekolah Dasar
dengan Gaya Kognitif Field
Dependent. Teori, Penelitian, dan
Pengembangan Vol. 4 No. 2, 143-
148.
Mentari Dini, N. I. (2018). Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman
Matematis Siswa SMK
Menggunakan Pendekatan
Kontekstual Pada Materi SPLTV.
Indonesia Mathematics
Seducation, 49-54.
Nanda Oski Septiyani, F. A. (2021). Analisis
Konsep Diri terhadap Kemampuan
Pemahaman Matematis Siswa di
SMA. Jurnal Pendidikan
Matematika dan Matematika, 133-
144.
Nuraeni, E. S. (2018). Analisis Kemampuan
Pemahaman Matematis Dan
Tingkat Kepecaayaan Diri Pada
Siswa MTs. Pembelajaran
Matematika Inovasi Vol. 1, No.5,
975.
Pornamasari, E. I. (2016). PENGEMBANGAN
MODUL PEMBELAJARAN FLIPBOOK
MAKER DENGAN MODEL
PEMBELAJARAN NUMBERED
HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS
TEORI VYGOTSKY MATERI POKOK
RELASI DAN FUNGSI. Jurnal matematika dan pendidikan matematika AKSIOMA, 74.
Putri Diana, I. M. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal Of Mathematics Education) Vol. 4 No.1, 24-32.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendidikan Matematika STKIP Garut Vol. 5 No. 2, 149.
Yanti. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Jurnal Pendidikan matematika, 217-218.
Youwanda Lahinda, J. (2015). Analasis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 148-161.
Z. Rofiqoh, R. A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 25.
Published
2022-01-29