Linda Problem: Dampak Cognitive Reflection Task (CRT) pada Berpikir Mahasiswa

  • Purna Bayu Nugroho Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Puguh Darmawan Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang
  • Badawi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Kotabumi
Keywords: pemecahan masalah, cognitive reflection task,, berpikir intuitif

Abstract

Latar Belakang: CRT merupakan instrumen penting untuk mengukur kecenderungan berpikir intuitif dan potensi individu dalam mengaktivasi proses menyadari. CRT dengan konten peluang perlu diterapkan karena luasnya penerapan konten tersebut dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatis dengan jenis studi kasus tunggan (single case study). Instrumen penelitian ini adalah Peneliti, Linda problem, dan alat rekam audio-visual. Subjek penelitian ini adalah dua mahasiswa Pendidikan matematika. Dua subjek tersebut merupakan sumber data yang menghasilkan data berupa jawaban tertulis dan hasil rekaman audio visual saat memecahkan Linda problem. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data interaktif.
Hasil: Hasil penelitian ini dikategorikan menjadi dua. Pertama adalah CRT berdampak pada aktivasi proses tanpa menyadari. Kedua adalah CRT berdampak pada aktivasi proses menyadari.
Kesimpulan: CRT memberikan dampak pada berpikir subjek karena faktor kompleksitas masalah dan faktor budaya di Indonesia

References

Bellini-leite, S. C. (2017). Dual Process Theory : Systems , Types , Minds , Modes , Kinds or Metaphors ? A Critical Review.
Darmawan, P., Purwanto, P., Parta, I. N., & Susiswo, S. (2020a). Interaksi Dual Proses dalam Menyelesaikan Masalah Segibanyak Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang.
Darmawan, P., Purwanto, P., Parta, I. N., & Susiswo, S. (2021). Teacher Interventions to Induce Students ’ Awareness in Controlling their Intuition. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 35(70), 745–765. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1590/1980-4415v35n70a10
Darmawan, P., Purwanto, Parta, I. N., & Susiswo. (2020b). The levels of students’ feeling of rightness (for) in solving polygon perimeter problems. International Journal of Instruction, 13(2), 549–566. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13238a
Dewolf, T., Dooren, W. Van, Cimen, E. E., & Verschaffel, L. (2014). The Impact of Illustrations and Warnings on Solving Mathematical Word Problems Realistically. The Journal of Experimental Education, 82(1), 103–120. https://doi.org/10.1080/00220973.2012.745468
Dooren, W. Van, Bock, D. D. E., Depaepe, F., Janssens, D., & Verschaffel, L. (2003). The illusion of linearity: expanding the evidence towards probabilistic reasoning. Educational Studies in Mathematics, 53, 113–138.
Durning, S. J., Dong, T., Artino, A. R., & Schuwirth, L. (2015). Dual processing theory and experts ’ reasoning : exploring thinking on national multiple-choice questions. Perspectives on Medical Education, 4(4), 168–175. https://doi.org/10.1007/s40037-015-0196-6
Evans, J. S. B. T. (2012). Spot the difference : distinguishing between two kinds of processing. Memory and Cognition, 121–131. https://doi.org/10.1007/s11299-012-0104-2
Ewa, B., Gery, R., & Wielgos, P. (2022). The probability of a scaffolding failure on a construction site. January. https://doi.org/10.1016/j.engfailanal.2021.105864
Gómez-chacón, I. M., García-madruga, J. A., Óscar, J., Rosa, M., & Rodríguez, R. (2014). The dual processes hypothesis in mathematics performance : Beliefs , cognitive re fl ection , working memory and reasoning. Learning and Individual Differences, 29, 67–73. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.10.001
Kruglanski, A. W. (2011). Intuitive and Deliberate Judgments Are Based on Common Principles. Psychological Review, 118(1), 97–109. https://doi.org/10.1037/a0020762
Nugroho, P. B., Darmawan, P., & Baidawi, B. (2021). Peran Keyakinan dalam Berpikir Intuitif ketika Memecahkan Masalah Modus Tollens. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(2), 16–27.
Toplak, M. E., West, R. F., & Stanovich, K. E. (2011). The Cognitive Reflection Test as a predictor of performance on heuristics-and-biases tasks. Memory and Cognition, 39(7), 1275–1289. https://doi.org/10.3758/s13421-011-0104-1
Published
2022-01-29