TRANSLASI REPRESENTASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH CERITA SEDERHANA

  • Muinah Muinah Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Purna Bayu Nugroho Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Sulistyono Sulistyono Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: representasi, masalah cerita, pemecahan masalah

Abstract

Latar Belakang: pemecahan masalah cerita penting dibelajarkan kepada siswa untuk menghadapi permasalahan dunia nyata.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah dua siswa SMA. Instrumen penelitian ini terdiri dari Peneliti, masalah cerita, alat rekam audio-visual, pedoman wawancara dan rubrik indikator. Data penelitian ini adalah jawaban tertulis subjek dan hasil rekaman wawancara. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data interaktif.
Hasil: Subjek 1 mengalami translasi dari representasi gambar ke representasi numerik. Sementara itu Subjek 2 mengalami translasi dari representasi numerik ke representasi gambar.
Kesimpulan: Translasi dari representasi gambar ke representasi numerik terjadi karena perlunya suatu operasi untuk menghasilkan solusi. Representasi gambar digunakan untuk menyederhakan masalah, sementara representasi numerik merupakan hasil pengoperasian representasi gambar. Translasi dari representasi numerik ke representasi gambar terjadi karena pemahaman terhadap masalah perlu diakurasikan kembali

References

Al-Saleem, R. M., Al-Hilali, B. M., & Abboud, I. K. (2020). Mathematical Representation of Color Spaces and Its Role in Communication Systems. Journal of Applied Mathematics, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/4640175
Darmawan, P., Purwanto, P., Parta, I. N., & Susiswo, S. (2021). Teacher Interventions to Induce Students ’ Awareness in Controlling their Intuition. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 35(70), 745–765. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1590/1980-4415v35n70a10
Darmawan, P., Purwanto, Parta, I. N., & Susiswo. (2020). The levels of students’ feeling of rightness (for) in solving polygon perimeter problems. International Journal of Instruction, 13(2), 549–566. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13238a
Elba, A. (2021). Mathematical Representation and Formal Proofs of Card Tricks. May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35314.94403
Hanifah, Waluya, S. B., Isnarto, Asikin, M., & Rochmad. (2021). Analysis mathematical representation ability by self-efficacy of prospective mathematics teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042118
Iskak, K. B., Kusmayati, T. A., & Fitriana, L. (2020). Students’ mathematics representation ability from picture form to equation. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012164
Koedinger, K. R., Alibali, M. W., & Nathan, M. J. (2008). Trade-offs between grounded and abstract representations: Evidence from algebra problem solving. Cognitive Science, 32(2), 366–397. https://doi.org/10.1080/03640210701863933
Kolodin, I., & Ryabinin, M. (2019). Mathematical representation of pressure regulator with variable characteristic. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 589(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/589/1/012018
Ma, Z., Wang, Z., Wang, Y., Diao, R., & Shi, D. (2020). Mathematical representation of WECC composite load model. Journal of Modern Power Systems and Clean Energy, 8(5), 1015–1023. https://doi.org/10.35833/MPCE.2019.000296
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nugroho, P. B., Darmawan, P., & Baidawi, B. (2021). Peran Keyakinan dalam Berpikir Intuitif ketika Memecahkan Masalah Modus Tollens. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(2), 16–27.
Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940
Rahmawati, D., & Anwar, R. B. (2020). Translation of mathematical representation: characteristics of verbal representation unpacking. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 162–167. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.9538
Rahmawati, D., Purwantoa, P., Subanji, S., Hidayanto, E., & Anwar, R. B. (2021). Process of Mathematical Representation Translation from Verbal into Graphic. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 367–381. https://doi.org/10.29333/iejme/618
Published
2022-01-29