KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL

  • Debby Sisca Savita Fitri Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Persamaan Linier Satu Variabel

Abstract

Tujuan pada penelitian deskriptif kualitatiif ini guna untuk mendefinisikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menuntaskan masalah soal persamaan linier satu variabel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pada bagian ini dipaparkan metode penelitian yang terdiri dari jenis penelitian, subjek penelitian, instrument penelitian, pengumpulan data, serta analisis data. Subjek penelitian ini adalah 60 siswa yang diambil dari beberapa SMP dan MTs kelas VII di Banyuwangi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Wawancara bersifat bebas, sehingga peneliti dapat mengajukan pertanyaan guna memperoleh data yang selengkap-lengkap nya. Berdasarkan pada hasil analisis data dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan, bahwa subjek 1 sudah memahami konsep apa yang digunakan dalam permasalahan ini. Subjek 1 mengetahui apa yang dicari dan ditanyakan pada soal. Akan tetapi, subjek 1 sudah melakukan kesalahan. Yang seharusnya subjek rencanakan adalah yang sama variabelnya saya tempatkan disisi yang sama kemudian dioperasikan. Itu artinya subjek 1 kesulitan dan terlihat gugup dalam memaparkan tahap merencanakan penyelesaian. Namun, telihat juga bahwa subjek 1 kesulitan dalam merencanakan masalah dan menyelesaikan masalah

References

Bernard, Martin, Nuni Nurmala, Shinta Mariam, and Nadila Rustyani. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 2(2):77–83.
Harahap, Elvira Riska, and Edy Surya. 2017. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA 553–58.
Ulya, Himmatul. 2016. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving.” Jurnal Konseling Gusjigang 2(1):90–96.
Adelia, W. S., & Primandari, A. H. (2010). Upaya Meningkatkan Keampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang bMenggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. SEMNASTIKA UNIMED, 65.
Published
2022-01-29