BEBAN KOGNITIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN TIDAK ADA BILANGAN RASIONAL r SEHINGGA r2 = 2

  • Barep Yohanes Prodi. Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Beban Kognitif, Pembelajaran, Bilangan Rasional

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi antara pendidik, peserta didik, dan sumber belajar. Belajar merupakan proses pembentukan pengetahuan dalam sistem kognitif manusia. Pemrosesan informasi merupakan bagian dari proses pembentukan pengetahuan baru dalam belajar. Beban kognitif memberikan beban bagi peserta didik dalam kegiatan belajar dalam pembelajaran.Perkuliahan analisis real pada pembahasan eksistensi bilangan irrasional memiliki kerumitan yang teramat bagi mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendiskripsikan munculnya beban kognitif dalam pembelajaran pembuktian tidak ada bilangan rasional r sehingga
. Subjek penelitian ini berjumlah 9 mahasiswa dengan intrumen utama penelitian adalah peneliti dan instrument pendukung adalah pedoman wawancara, catatan peneliti, dan rekaman video.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran muncul beban kognitif intrinsic, beban kognitif extraneous, dan beban kognitif germane. Beban kognitif intrinsic muncul dari situasi jumlah elemen interaktivitas dan interaksi antar elemen interaktivitas. Beban kognitif extraneous muncul dari situasi Split- Attention Situation, Transiency Situation, Advanced Learners Situation, dan Inadequate prior knowledge situation. Dan beban kognitif germane muncul dari situasi Variable exemples dan Imagination

References

Lampiran Permendikbud no 103 tahun 2014, (2014).
Bartle, R. G., & Sherbert, D. R. (2011). Introduction To Real Analysis Fourth Edition. In Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, edisi-3. Terjemahan Achmad Fawai. Pustaka Pelajar.
Friedman, N., Fekete, T., Gal, K., & Shriki, O. (2019). EEG-based prediction of cognitive load in intelligence tests. Frontiers in Human Neuroscience, 13(June). https://doi.org/10.3389/fnhum.2019.00191
Ginns, P., & Leppink, J. (2019). Special Issue on Cognitive Load Theory: Editorial. Educational Psychology Review, 31(2), 255–259. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09474-4
Huang, Y. H. (2018). Influence of instructional design to manage intrinsic cognitive load on learning effectiveness. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2653–2668. https://doi.org/10.29333/ejmste/90264
Kalyuga, S. (2011). Informing: A cognitive load perspective. Informing Science: The International Journal of an Emerging Transdiscipline, 14(1), 33–45. https://doi.org/10.28945/1349
Kaune, C., Cohors-Fresenborg, E., & Nowinska, E. (2011). Development of metacognitive and discursive activities in Indonesian maths teaching a theory based design and test of a learning environment. Journal on Mathematics Education, 2(1), 15–40. https://doi.org/10.22342/jme.2.1.777.15-40
Kirschner, P. A., Sweller, J., Kirschner, F., & Zambrano, J. R. (2018). From Cognitive Load Theory to Collaborative Cognitive Load Theory. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 13(2), 213–233. https://doi.org/10.1007/s11412-018-9277-y
Klepsch, M., Schmitz, F., & Seufert, T. (2017). Development and validation of two instruments measuring intrinsic, extraneous, and germane cognitive load. Frontiers in Psychology, 8(NOV), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01997
Leppink, J. (2017). Cognitive load theory: Practical implications and an important challenge. Journal of Taibah University Medical Sciences, 12(5), 385–391. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2017.05.003
Lin, J. J. H., & Lin, S. S. J. (2014). Cognitive Load for Configuration Comprehension in Computer-Supported Geometry Problem Solving: an Eye Movement Perspective. International Journal of Science and Mathematics Education, 12(3), 605–627. https://doi.org/10.1007/s10763-013-9479-8
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, (2020).
Plass, J. L., Moreno, R., & Brünken, R. (2010). COGNITIVE LOAD THEORY. Cambridge University Press.
Subanji. (2015). TEORI KESALAHAN KONSTRUKSI KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Universitas Negeri Malang.
Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). COGNITIVE LOAD THEORY (Vol. 82, Issue 1). Cambridge University Press. http://www.springer.com/series/8640
Sweller, J., van Merriënboer, J. J. G., & Paas, F. (2019). Cognitive Architecture and Instructional Design: 20 Years Later. Educational Psychology Review, 31(2), 261–292. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09465-5
Published
2022-01-29