PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALTERNATIVE SOLUTIONS WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

  • Rohmi Pratiwi Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Feby Indriana Yusuf Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: berpikir kreatif, proses berpikir kreatif, pembelajaran open-ended

Abstract

Latar Belakang: pada penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, agar dapat mengatasi permasalahan tersebut harus memperlakukan model pembelajaran yang dapat mengembangkan cara berpikir kreatif matematis pada siswa yang berbasis lembar kerja siswa (LKS). Dengan dilakukan pembelajaran seperti ini, secara tidak langsung siswa tersebut terlibat langsung dan mulai menemukan ide-ide yang baru untuk menyelesaikan masalah yang ada. Diharapkan dengan pembelajaran ini, siswa dapat termotivasi untuk memunculkan ide-ide yang bervariasi. Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dari hasil test tulis dan test wawancara pada kemampuan matematika siswa, sehingga hasil dari penelitian ini adalah kelas yang siswa nya menggunakan LKS cara pembelajarannya jauh lebih efiktif daripada kelas yang siswanya tidak menggunakan LKS.
Metode: dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Dengan memperhatikan indicator yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Dan juga untuk dapat menganalisis cara berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran berbasis LKS 2)untuk mengetahui interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal yang dimiliki siswa
Hasil: penliti dapat menganalis setiap siswa, yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada sesuai dengan pemahaman mereka atau sesuai kreatifitas mereka dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Kesimpulan: berpikir kreatif tidak hanya berguna dalam lingkup pendidikan saja, tetapi sangat berguna juga dalam lingkup dunia kerja. Serta guru dapat memberikan kesempatan untuk siswa agar mereka dapat menemukan cara untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi

References

(Aripin & Purwasih, 2017). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
(Amalia et al., 2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA
(Aziz Saefudin, 2012). Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
(Aziz Saefudin, 2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
(DEWANTARA, 2019). Soal Matematika Model PISA: Alternatif Materi Program Pengayaan
Published
2022-01-29