EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR SECARA DARING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode mind mapping pada pembelajaran matematika secara daring di Sekolah Dasar. Metode mind mapping adalah metode pembelajaran dengan cara menuliskan konsep penting dalam suatu peta pikiran sehingga akan mudah dipahami. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yaitu melalui pengumpulan data dari beberapa pustaka, yaitu dengan membaca, mencatat dan mengolah sumber tersebut sebagai bahan penelitian. Pada pembelajaran daring masa pandemic seperti ini, perlu adanya kreatifitas guru dalam menjelaskan materi pelajaran agar menarik dan mudah dipahami. Salah satu alternattif yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran daring adalah dengan menggunakan metode mind mapping. Metode mind mapping ini akan memudahkan guru memberikan konsep materi yang mudah dipelajari dan diingat siswa. Pada metode mind mapping konsep materi dipetakan dan disajikan secara rapi, terkonsep dan lebih terurut Pembelajaran matematika secara daring akan lebih efektif digunakan.Hal tersebut dikarenakan pada metode mind mapping digunakan prinsip pemetaan, sehingga materi yang disajikan menjadi rapi, terurut dan lebih terkonsep. Metode ini akan lebih efektif digunakan dalam pembelajaran matematika secara daring
References
Buzan, T. 2009. Buku Pintar Mind Map. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Buzan, T. 2013. How To Mind Map. London: Thorsons.
Center, P.P.R., 2010. 21st Century Skills for Students and Teachers. Honolulu: Kamehameha Schools. Research & Evaluation Division.
Chan, D.W., 2007. Creative teaching in Hong Kong schools: Constraints and challenges. Educational Research Journal, 22(1), pp.1-12.
Edwards, S., & Cooper, N. 2010. Mind mapping as a teaching resource, 236–239.
Fauzy, A. & Nurfauziah, P., 2021. Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), pp. 551-561.
Hamdu, G. and Agustina, L., 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), pp.90-96.
Hidayah, N., 2020. Dampak Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SDN 3 Sriminosari. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), pp.189-206.
Isman, M. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education , 587.
Jensen, E., Makowitz, K. 2002. Otak Sejuta Gygabite : Buku Pintar Membangun Ingatan Super. Bandung: Kaifa
Melfianora. 2019. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Diakses dari: osf.io/efmc2
29
Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022
Nurhabibah, S., 2021. Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN, 30(1), pp.13-22.
Pimta, T. &. N., 2009. Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Science, 5(4), pp. 381-385
Shoimin, A., 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Ar-Ruzz Media
Rahmawati, F., Winarni, D.S. and Nurwahidah, I., 2020. Penerapan Mind Mapping Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), pp.193-202.
Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Shadiq, F., 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiarto, I. 2004. Power Optimizing Brain Work With Holistic Thinking and Creative. Jakarta: Gramedia Pustaka General.
Suryawan, O. 2020. Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BBALIPUSPANEWS.COM.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Turkmen, H. and Sertkahya, M., 2015. Creative thinking skills analyzes of vocational high school students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World,