ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pelajaran matematika terkadang dianggap sulit dan menyurutkan minat siswa untuk mempelajarinya. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk meningkatkan minat siswa salah satunya dengan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi geogebra. Dalam pembelajaran abad 21 ini diperlukan guru yang kreatif dan inovatif untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik. Penggunaan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi geogebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah dalam muatan pelajaran matematika materi bangun ruang. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran , meningkatkan kreatifitas guru pada proses pembelajaran dengan media pembelajaran interaktif sehingga dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran yang interaktif dengan aplikasi GeoGebra dalam materi bangun ruang di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan studi literatur. Subjek penelitian adalah penulis sebagai informan kunci dan obyek penelitian atau sasaran penelitian adalah artikel yang terkait dengan pemanfaatan aplikasi geogebra dalam kegiatan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi dengan instrumennya berupa naskah cetak ataupun file lunak artikel. Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui aplikasi GeoGebra merupakan salah satu referensi media pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan aplikasi yang efektif dan efisien berbasis digital sesuai dengan perkembangan di abad 21
References
Madaniya, 2(2), 137-142.
Https://Doi.Org/10.53696/27214834.66
Arsita, Dwi, Mufidatul Ummah, Nurul Hidayah, and Surya Sari Faradiba. 2020. “Pemahaman Materi Bangun Ruang Dengan Berbantuan GeoGebra” 1 (22): 42–49.
Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR). Volume: 1, Number: 1, May 2020, pp. 42-49.
https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Erleni, & Fitri, T. A. (2015). Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Berbasis Multimedia ( Study Kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang). SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1, Juni, 10.
https://doi.org/10.33372/stn.v1i1.8
Ghufron, G. 2018. “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
23
Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022
2018, 1(1): 332–337
http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/73/45
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36. Retrieved from http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232
Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika Vol. 1 No. 2 April, 120-124. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.259
Maryanti, Sri, and Dede Trie Kurniawan. 2017. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC” 0417 (1).
Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922
Permaganti Bunga, Sintia Rahayu, and Wahyu Setiawan. 2019. “Mencari Volume Bangun Ruang Berbantuan” 02 (01): 134–42. Education, Journal On, Journal On Education. Volume 02, No. 01, Desember 2019, hal. 134-142:
https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.283
Rahadyan, Andri, Purni Munah Hartuti, and Aulia Ar Rakhman Awaludin. 2018. “Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (01): 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356