Pengaruh Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Dalam Mengamalkan Sila-Sila Pancasila Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Singojuruh Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

  • Nurma Indana Zulfa UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
  • Ayip M.R UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Keywords: kemampuan siswa, PKn, pancasila, nilai-nilai, pengamalan

Abstract

Berbagai permasalahan yang terjadi pada bangsa Indonesia saat ini sangatlah kompleks, salah satunya karena lemahnya pemahaman para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa akan pentingnya makna Pancasila  sebagai ideologi bangsa. Hal ini dibuktikan dari berbagai permasalahan yang timbul di kalangan remaja yang dianggap menyimpang dari nilai-nilai Pancasila  itu sendiri. Hal ini dapat ditunjukkan dengan gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari-hari anak muda sekarang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami dan mengamalkan sila-sila pancasila pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singojuruh semester ganjil tahun ajaran 2017/2018.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Semester ganjil Tahun akademik 2017/2018 yang jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode angket, dan interview.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regressi sedehana. Hasil analisis dan pengujian hipotesis data instrumen penelitian berupa angket tertutup.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran) pada mata pelajaran PKn dari hasil perhitungan statistic dapat disimpulkan bahwa mayor untuk menentukan taraf signifikansi dari regresi, kriterianya dapat ditentukan berdasarkan uji F atau uji T dengan ketentuan, jika Nilai Signifikansi < 0,05, maka model regresi adalah linier, dan berlaku sebaliknya. Uji Signifikansi T yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,0000000302, maka terdapat pengaruh yang positif antara pengamalan Sila-sila Pancasila  di lingkungan sekolah maupun keluarga terhadap Nilai-nilai Pancasila siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 3 Singojuruh tahun pelajaran 2017/2018.

References

Adinawan,Sugiono Cholik. 2006. Seribu Pena Matemaika Untuk SMP/MTs KelasVIII. Jakarta: Erlangga.
Arikunto,Suharsimi,2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Bina
Aksara: Jakarta.
.Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus DanPenilaian Mata Pelajaran Matematika . Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Duwi. 2017. Analisis Regresi Ganda. Unisma: Untuk Kalangan Sendiri
Faisal, Sanapiah. 1990. Metodologi Penelitian Pendidikan (terjemahan dari buku:Research in Education, Third Edition Oleh John W.Best).UsahaNasional:Surabaya.
Penelitian di Sekolah. Jakarta.
Furchan, Arief. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan (Terjemahan dari buku:Introduction to Research in Education oleh Donal Ary,dkk). Surabaya:Usaha Nasional.
Hadi, Sutrisno. 2003. Metodologi Penelitian Jakarta. Rajawali.
Hamalik, Oemar. 2000. 2000.Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung:Tarsito.
Poerwadarminto, Wjs.2007. Kamus Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Surachmad, Winarno. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah dan Dasar Metode Penelitian. Bandung: Teknik.Tarsito.
Rodiyah, Siti. 2007. Pancasila Kelas VIII untuk SMP. Jakarta:Erlangga.
Widodo,Surya. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: SIC.
Widodo,Supriyono. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2018-04-30
How to Cite
Nurma Indana Zulfa, & Ayip M.R. (2018). Pengaruh Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Dalam Mengamalkan Sila-Sila Pancasila Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Singojuruh Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(2), 24-29. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/663
Section
Articles