IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA MELALUI MATA PELAJARAN PKn DI MTs SULAMUL HUDA DESA SIWALAN, KECAMATAN MLARAK, KABUPATEN PONOROGO

  • Ambiro Puji Asmaroini Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami cara menanamkan nilai karakter kepada siswa MTs Sulamul Huda dan memahami implementasi nilai karakter bangsa melalui Mata Pelajaran PKn di MTs Sulamul Huda.Fokus dari penelitian ini untuk memahami pelaksanaan nilai karakter khususnya bagi siswa MTs melaui mata pelajaran PKn. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Mendeskripsikan implementasi dari nilai karakter bangsa melalui mata pelajaran PKn di MTs Sulamul Huda Desa Siwalan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan penelitian kualitatif.

            Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: MTs Sulamul Huda merupakan sekolah yang berbasis pondok, untuk itu nilai-nilai karakter wajib untuk ditanamkan kepada santri pondok. Adapun cara untuk menanamkan nilai karakter kepada siswa antara lain: 1) Penambahan mata pelajaran keagamaan di lingkungan pondok yang membedakan antara sekolah umum dengan pondok pesantren, 2) Diadakannya kegiatan ekstrakurikuler untuk membangun jiwa kerja sama, tanggung jawab, disiplin, toleransi dan sebagainya. Ekstrakurikuler itu diantaranya adalah: Becam, pramuka, mukhadoroh, bela diri, keolahragaan (sepak bola dan futsal). 3) Diadakannya kerja bakti membersihkan lingkungan kelas dan lingkungan pondok 4) Membiasakan disiplin dan tepat waktu, 5) Menanamkan jiwa kemandirian dan kepemimpinan, 6) Membudayakan rasa malu antara santri berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.  Materi PKn mengajarkan karakter, misalnya tentang norma, demokrasi, HAM, kebebasan berpendapat, bela Negara. Siswa di sekolah juga menerapkan nilai karakter tersebut. Karena tidak hanya dilaksanakan di mata pelajaran PKn saja namun juga dilaksanakan di lingkungan pondok. Nilai karakter yang diterapkan siswa antara lain berdoa, mendengarkan saat diajar oleh guru, membantu teman yang dapat musibah, tidak mencontek, mematuhi peraturan sekolah, disiplin.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Pusat kurikulum

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT. Bumi Aksara

Moleong, Lexy, J. 2007.Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pertiwi, Gema. Sumadi, Tjipto. dan Kardiman, Yuyus. 2013. Pola Pembinaan Pesantren dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal PPKn UNJ Online, Vol. 1 No.2 Tahun 2013, ISSN. 2337-5205

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional

R, Mansur, H. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Artikel Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi Selatan, Desember 2014, ISSN. 2355-3189

Ripto. 2013. Implementasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Pengembangan Nilai - Nilai Karakter Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Journal Of Physical Education and Sports), Juni 2013, ISSN 2252-648X

Tirtarahardja, Umar, & Sulo, S, L, La. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published
2016-12-03
How to Cite
AsmaroiniA. P. (2016). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA MELALUI MATA PELAJARAN PKn DI MTs SULAMUL HUDA DESA SIWALAN, KECAMATAN MLARAK, KABUPATEN PONOROGO. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/38
Section
Articles