PELAKSANAAN PENDIDIKAN DEMOKRASI SISWA SMA DI KABUPATEN PONOROGO

  • Ambiro Puji Asmaroini Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Prihma Sinta Utami Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Kerangka pemikiran penelitian ini bahwa Indonesia merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi. SMA  di Ponorogo merupakan satu lingkungan yang sangat kondusif dan memungkinkan siswa untuk menerapkan nilai-nilai demokrasi di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan berbagai macam kegiatan pelaksanaan demokrasi di lingkungan SMA di Kabupten Ponorogo. Prosedur yang dipakai dalam pengumpulan data, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Pendidikan demokrasi di lingkungan sekolah dilaksanakan dengan cara yang sama oleh setiap sekolah. Siswa sudah melaksanakan demokrasi. Semua itu dilaksanakan karena pembelajaran demokrasi berorientasi kepada siswa, semua untuk kesejahteraan siswa.SMA di Kabupaten Ponorogo memiliki cara yang sama dalam melaksanakan pendidikam demokrasi, antara lain guru mengarahkan untuk menerapkan praktek demokrasi antara lain: diskusi kelompok, berpendapat, musyawarah, pemilihan ketua kelas, pemilihan pengurus kelas, pemilihan ketua OSIS (SMA umum), pemilihan Ketua IPM (SMA Muhammadiyah), Pemilihan ketua OSDA (SMA Pondok Darut Taqwa), pemilihan Dewan Ambalan (DA), pemilihan ketua HW (SMA Muhammadiyah), voting, kerja bakti, bakti sosial, pemilihan ekstrakurikuler, dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dan semua sekolah sudah demokratis dan berbasis siswa karena partisipasi siswa yang lebih diutamakan.

References

Fadhilah dan Nuraiana. 2011. Penerapan Demokrasi di Lingkungan Gerakan Mahasiswa UNISMA Bekasi (JurnalVol 2 No.2)

Moleong, Lexy, J. 2007.Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Pasaribu, Rowland, B.F. 2005. Demokrasi dan Sistem Pemerintahan Negara. Kompas

Undang-Undang Dasar Negara Tepublik Indonesia Tahun 1945 amandemen keempat

Winarno. 2008. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wiyono, Bambang, Budi. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research) Malang: FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Published
2017-12-22
How to Cite
AsmaroiniA. P., & UtamiP. S. (2017). PELAKSANAAN PENDIDIKAN DEMOKRASI SISWA SMA DI KABUPATEN PONOROGO. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/138
Section
Articles