PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PARTISIPASI POLITIK ( STUDI KASUS PEMILIHAN BUPATI BANYUWANGI 2020 DI KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI )

  • Vintan Trisasti Putri Prodi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi
  • Sri Sedar Marhaeni Prodi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Pendidikan, Partisipasi Politik, Banyuwangi

Abstract

Pendidikan dan politik adalah dua elemen yang sangat penting dalam sistem sosial politik disetiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Partisipasi politik masyarakat sebagai bagian dari partisipasi sosial pada umumnya sangatlah menentukan berhasilnya pembangunan nasional, khususnya pembangunan di bidang kehidupan politik. Penelitian ini menggunakan kualitatif diskriptif. Proses pengolahan data dimulai dengan pencatatan data lapangan (data mentah), kemudian direduksi dalam bentuk unifikasi dan kategorisasi data. Setelah data yang terkumpul direduksi, selanjutnya data dianalisa dan diverifikasi melalui beberapa teknik Partisipasi politik masyarakat sebagai bagian dari partisipasi sosial pada umumnya sangatlah menentukan berhasilnya pembangunan nasional, khususnya pembangunan di bidang kehidupan politik. Oleh karena itu hasil pengamatan dari peneliti Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi melakukan upaya untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat yang berkualitas. Tingkat pendidikan di Banyuwangi sangat mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam politik. Apalagi dalam partisipasi masyarakat dlam pemilihan bupati Banyuwangi.

References

Abdullah Idi, Safarina HD. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta Utara: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Budiarjo Miriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Benny Susetyo. Politik Pendidikan Penguasa. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta
Damsar. 2010. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Djalii. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Deddy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmat. 2010. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Published
2021-10-01
How to Cite
Trisasti Putri, V., & Sedar Marhaeni, S. (2021). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PARTISIPASI POLITIK ( STUDI KASUS PEMILIHAN BUPATI BANYUWANGI 2020 DI KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI ). JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 6(2), 79-83. https://doi.org/10.36526/jppkn.v6i2.1661