PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NU NURUL QUR'AN KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI

  • Danang Iksan Maulana Program Studi PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang penanaman pendidikan karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka dalam bentuk ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya penyimpangan yang terjadi di masyarakat. Penyimpangan tersebut menunjukkan terjadinya penurunan karakter bangsa. SD NU Nurul Qur’an menerapkan penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka yang merupakan salah satu ekstrakurikuler wajib di SD NU Nurul Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan menggunakan triangulasi teknik untuk mendapatkan data, yaitu teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data sebelum di lapangan dan analisis data selama di lapangan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina pramuka, dan beberapa wali murid siswa kelas IV. Peneliti juga menyebarkan angket kepada 35 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan pembina pramuka merencanakan program ekstrakurikuler pramuka dengan mengembangkan karakter disiplin. Dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka, karakter disiplin dan tanggung jawab muncul dalam 7 kegiatan atau kurang dari setengahnya. Hasil penanaman pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka menunjukkan karakter peduli lingkungan dominan muncul pada lebih dari setengah jumlah siswa. Lebih dari itu setengahnya senang mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dan menyatakan bahwa ekstrakurikuler pramuka perlu dilaksanakan di sekolah. Berdasarkan penelitian ini, ekstrakurikuler pramuka dapat menjadi alternatif dalam penanaman pendidikan karakter.

References

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2013 No. 11/MUNAS/2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Kesuma, D. dkk. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulana, Danang Iksan (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter ke Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas Tinggi SD, Tesis, Tidak Diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabay.

Permendikbud RI No. 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rohman, M. (2012). Kurikulum Berkarakter. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Saipul, A. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol. 13 (2), hlm 16-21.

Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2017-12-22
How to Cite
MaulanaD. I. (2017). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NU NURUL QUR’AN KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/136
Section
Articles