KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ALAT PERAGA BERBAHAN PIPET
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan spasial matematis siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Alat peraga lebih tinggi daripada kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Al Ulum Medan yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian pre-test-post-tes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Al ulum Medan tahun ajaran 2019/2020 dengan mengambil sampel dua kelas (eksperimen dan kontrol) melalui teknik random sampling yang mana pada masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan spasial. Data dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan spasial matematis siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga lebih tinggi daripada kemampuan spaisal siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
References
Argaw, A.S, Haile, B.B. Ayalew, B.T & Kuma, S.G. 2017. The effect of problem based learning (PBL) instructionon students’ motivation and problem solving skills of physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Tecnology Education.
Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Ban-dung: PT. Refika Aditama.
Maier, P. H. 1996. Spatial Geometry and Spatial Ability How toMake Solid Geometry Solid?.Tersedia pada http://www.find.uni-osnabrucck.de/ebooks/gdm/peperspdf1996/Maier.pdf. (diakses tanggal 5 april 2019).
Mulyadi, Riyadi, & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembeljaran Matematika, 3(4), 370–382.
Nasution, S. (2004). Dikdaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Siswanto, R. D. (2016). Asosiasi Antara Kemampuan Geometri Spasial Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 141.