PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

  • I Gusti Agung Ngurah Trisna jayantika Universitas Mahadewa Indonesia
  • Ni Putu Eva Yuliawati universitas mahadewa Indonesia
Keywords: Model pembelajaran Quantum Teaching, Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain Non Equivalent Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil secara acak dengan teknik random sampling. Data aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan dengan metode angket dan tes, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching  dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat peerbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan secara simultan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada peserta didik.

References

A’al Miftahul. (2012). Quantum Teaching. Jogjakarta. Penerbit DIVA Press.

Afidah dan Khairunnisa. (2014). Matematika Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ahmadi dan Nur Uhbiyati. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah dkk. (2013). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I Made. (2010). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Deporter, Bobbi dkk. (2010). Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Faturrahman, dkk. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Fauzan, Ahmad. (2011). Pemecahan Masalah Matematis. Evaluasi matematika.net: Universitas Negeri Padang.

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka Press.

Jayantika, I G A N T, dkk. (2019). Quantum Teaching Learning Model as Solution to Improve Learning Activity and Mathematics Learning Outcome. Journal of Physics: Conference Series.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menen-tukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Nanang Hanafiah, dkk. 2010. Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Payadnya, I P A, dkk. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 58 Tahun 2014.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Cetakan ke-11, PT Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Sutawidjaja, A, dkk. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2020-12-24
How to Cite
jayantikaI. G. A. N. T., & YuliawatiN. P. E. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 283-295. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.947