ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

  • Ronauli Sihaloho Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: menanggapi, menghubungkan, menyimpulkan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir reflektif matematis (KBRM) siswa dalam menyelesaikan soal cerita. KBRM menggunakan pengetahuan, dan  pengalaman yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan kasus tunggal dan analisis tunggal. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas X pada satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Instrumen tes dan non tes digunakan dalam penelitian ini. Instrumen non tes meliputi wawancara dan observasi, sedangkan instrumen tes yang digunakan yaitu empat soal cerita yang berkaitan dengan materi sistem persamaan linier tiga variabel. Hasil jawaban siswa kemudian dikelompokkan kedalam kategori Tinggi, Sedang, dan Rendah serta dianalisis berdasarkan tahapan kemampuan berpikir reflektif matematis dalam aspek reacting, comparing/elaboration, dan contemplating. Hasil analisis jawaban dan wawancara menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis digunakan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, namun ketidaktelitian dalam memahami soal, menghubungkan, memberikan kesimpulan, hingga kegigihan siswa, menyebabkan jawaban yang diberikan masih belum tepat.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Khasanah, U., & Sutama. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS 2015, 79–89.

Nuriadin, I. (2015). Peningkatan Kemampuan Generalisasi dan Berpikir Reflektif Matematis serta Self-development Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Knowledge Sharing. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Dipublikasikan.

Putri, A. S., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe-tipe Perkalian Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 34–46.

Salido, A. (2019). Analisis Strategi Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematis. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Dipublikasikan.

Sihaloho, R., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (3), 736–741. Karawang: 12 Desember 2019.

Suharna, H. (2018). Teori Berpikir Reflektif. Yogyakarta: Deepublish.

Zulkarnaen, R. (2017). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamanan Linier dalam Bentuk Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, 54–58.

Published
2020-12-24
How to Cite
SihalohoR., ZulkarnaenR., & HaerudinH. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 271-281. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.928