KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY

  • Viki Fitria Viki Universitas Muhammadiyah PROF.DR HAMKA
  • Isnaini Handayani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Keyakinan Diri (self-efficacy), Pemodelan Rasch

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah secara mendalam tentang kemampuan komunikasi matematis yang dipengaruhi keyakinan diri (self-efficacy) siswa SMK. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 34 Jakarta dan sampel sebanyak 41 siswa yang ditetapkan dengan random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 5 butir soal dan angket keyakinan diri siswa sebanyak 29 pernyataan yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa SMK dipengaruhi oleh keyakinan dirinya sebesar 37,69% sedangkan 53,9% dipengaruhi oleh faktor selain keyakinan diri siswa

Author Biography

Isnaini Handayani, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Arifin, P., Trisna, B. N., & Atsnan, M. F. (2018). Mengembangkan self-efficacy matematika melalui pembelajaran pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII D SMP Negeri 27 Banjarmasin tahun pelajaran 2016-2017. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 93–104. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.59

Basito, M. D., Arthur, R., & Daryati, D. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Jurnal PenSil, 7(1), 14. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.3

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa Smk Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash Cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84

Gibson, J. L. (2010). Organizations Behavior, Structure, Processes. New york:McGrow Hill.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Maulani, D., Suyono, S., & Noornia, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Siswa Di Sman Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 14–24. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2026

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. America.

Novianti, D. E. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 53. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1698

Rahayu, Y. M. (2016). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Logika, XVIII(3), 33–35.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Senjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 33–39.

Sihaloho, L. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62–70. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5671

Sudjana. (2005). Metoda Statistika (Edisi 7). Bandung.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assesment Pendidikan (B. Sumitno & W. Widhiars, eds.). Bandung.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95

Published
2020-06-26
How to Cite
VikiV. F., & HandayaniI. (2020). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 189-202. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.906