ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yang mempunyai kemampuan penalaran tinggi dan rendah dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas VIII di salah satu SMP Jakarta semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 untuk menentukan kategori kemampuan penalaran matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan siswa kemampuan penalaran tinggi matematis (SKPT) memiliki kesalahan dalam memahami soal dan kesalahan keterampilan proses serta mampu menyelesaikan soal HOTS dengan benar tanpa ada kesalahan, sedangkan siswa kemampuan penalaran rendah (SKPR) rendah memiliki kesalahan memahami soal HOTS dan kesalahan dalam keterampilan proses. Faktor yang menyebabkan kesalahan SKPT adalah kekeliruan dalam melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soal HOTS sedangkan, faktor penyebab kesalahan SKPR adalah pada segi kognitif yaitu kurang memahami soal dengan baik.
References
Abosalem, Y. (2016). Assessment Techniques and Students’ Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160401.11
Agustina, L. R., & Khotimah, R. P. (2018). Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Tipe Higher Order Thinking Skills ( Hots ).
Aliyanti, A. P., Putri, O. R. U., & Zukhrufurrohmah, Z. (2019). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 382. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2265
Barak, M., Ben-Chaim, D., & Uri, Z. (2007). Purposely Teaching for the Promotion of Higher-order Thinking Skills : A case of Critical Thinking. Research in Science Education Vol 37 No.4,353-369
Conklin, W. (2012). Higher-Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners.Huntington Beach: Shell Educational Publishing, Inc.
Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesai-kan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa :Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266.
Hadi, W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP melalui Pembe-lajaran Discovery dengan Pendekatan Saintifik (Studi Kuasi Eksperimen di Salah Satu SMP Jajakrta Barat). Kalamatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 93-108.
Hassan, S. R., Rosli, R., & Zakaria, E. (2016). The Use of i-Think Map and Questioning to Promote Higher-Order Thinking Skills in Mathematics. Creative Education, 7, 1069-1078. doi:http://dx.doi.org/10.4236/ce.2016.77111
Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674
Johar, R., Yusniarti, S., & Saminan. (2018). The analysis of proportional reasoning problem in the Indonesian mathematics textbook for the junior high school. Journal on Mathematics Education, 9(1), 55–68. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4145.55-68
Kurnia, L., & Yuspriyati, D. N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Analisis Newman. Mathematic Paedagogic, IV(2), 116–119.
Mahmudah, Wilda. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matema-tika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49-56.
Mu’minah, K. I. (2018). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. 2–11.
Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau Dari Gender. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851
Munzenmaier, C., & Rubin, N. (2013). Perspectives Bloom’s Taxonomy : What’s Old is New Again. Santa Rosa: The eLearning Guild.
Newman, M. A. (1977) An analysis of sixthgrade pupils' errors on written mathematical tasks. In White, AL (2009) Diagnostic and Pedagogical Issues with Mathematical Word Problems. Brunei International Journal of Scienceand Mathematics Education 1(1) pp 100-112
Nurina, D. L., & Retnawati, H. (2015). Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open-Ended Ditinjau Dari HOTS. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 129. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9128
Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22.
Permana, N. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 19–24.
Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students : A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, (4), 48–60. https://doi.org/ISSN 1839‐9053
Rizqi, N. R., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students' Mathematical Reasoning Ability in VIII Grade of Sabilina Tembung Junior High School. Ijariie, 3(2), 3527–3533.
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship Between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Eeducation Studies Volume 10 Nomor 11, 78-85.
Wang, S., & Wang, H. (2011, April 21). Teaching Higher Order Thinking in the In-troductory MIS Course : A Model Directed Approach. Journal of Education for Business, 86(4), 208-213. doi:https://doi.org/10.1080/08832323.2010.505254
Wibowo, Pamujiarso H.E. & Rini S. (2016). Pemberian Scaffolding Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Kelas X SMA Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 7380.
Yang, Y. T. C. (2015). Virtual CEOs: A blended approach to digital gaming for enhancing higher order thinking and academic achievement among vocational high school students. Computers and Education, 81, 281–295. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.004