EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah, perbedaan peningkatan indikator kemampuan pemecahan masalah, serta pengaruh interaksi model pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kupang dengan sampel berjumlah 91 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 46 siswa, dan kelas kontrol 45 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, n-gain, uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji statistik t atau Mann-Whitney serta uji Anova dua jalur. Hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan : 1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi trigonometri lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa dengan n-gain kelas eksperimen 0,60 dan kelas kontrol 0,45; 2) peningkatan rata-rata indikator kemampuan pemecahan masalah pada indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan memeriksa kembali pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi trigonometri lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa; dan 3) tidak ada pengaruh gender pada kemampuan pemecahan masalah siswa dan juga tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa.
References
Anderson, J. (2004). Implementing problem solving in mathematics classrooms: what support do teachers want?.Research in Mathematics Education in Aus-tralia, 89-96.
Barrett, T., Cashman, D. (Eds) (2010). A practitioners’ guide to enquiry and problem-based learning. Dublin: UCD Teaching and Learning
Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (Eds) (2001). The power of problem-based learning: a practical “how to” for teaching undergraduate courses in any discipline. Virginia: Stylus Publishing, LLC
Kemendikbud. (2013). Konsep pendekatan saintifik. Jakarta: Kemendikbud
Mushlihuddin, R, Nurafifah, & Irvan. (2018). The effectiveness of problem-based learning on students' problem solving ability in vector analysis course. Journal of Physics: Conference Series, Volume 948, 1st International Conference of Education on Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (ICE-STEM) 17–19 October 2017, Jakarta, Indonesia
Nasution, M. L., Yerizon, Y., & Gusmiyanti, R. (2018). Students' Mathematical Problem-Solving Abilities Through The Application of Learning Models Problem Based Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Vol. 335, The 2nd International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology 5–6 October 2017, Padang, West Sumatera, Indonesia.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston. VA: National Council of Teachers of Mathematics
Polya, G. (1945). How to solve it. New Jersey: Princeton University Press
Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and selfconfidence of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 127-134. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269
Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to think mathematically: problem solving, meta-cognition, and sense-making in mathematics. New York: MacMillan
Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol. 14, No. 2, 331-340. Doi: 10.29333/iejme/5717
Szetela, W. & Nicol, C. (1992). Evaluating problem solving in mathematics.[Online]. Diakses dari www.ascd.org/ascd/pdf/journals/ed_lead/el_199205_szetala.pdf
Tan, O. S. (Eds) (2004). Enhancing Thinking Through Problem-Based Learning Approaches: International Perspectives. Singapore: Cengage Learning
Wang,Y., & Chiew, V. (2008). On the cognitive process of human problem solving. the cognitive process of human problem solving. Cognitive Systems Research. doi:10.1016/j.cogsys.2008.08.003