PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII-I SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

  • Nur Azizah Jurusan Tadris Matematika, FTIK, IAIN Tulungagung
  • Ainun Jariyah Jurusan Tadris Matematika, FTIK, IAIN Tulungagung
  • Windy Arianti Jurusan Tadris Matematika, FTIK, IAIN Tulungagung
  • Nurrishma S. H. Jurusan Tadris Matematika, FTIK, IAIN Tulungagung

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran joyfull learning yang bertujuan untuk mengetahui taraf signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII-I SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain dan teknik pengambilan data menggunakan pretest-postest only control group design. Dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random samplingUntuk mencapai tujuan yang dimaksud, teknik penelitian ini terdiri dari melakukan tes sebelum penerapan pembelajaran joyfull learning (pretest) dan tes sesudah pembelajaran joyfull learning (posttest) kepada satu kelas yang terpilih sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran joyfull learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, karena pembelajarannya menyenangkan dan membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran joyfull learning memberikanpengaruh terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII-I di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung.

References

Anonim. (2017). Pendekatan Joyful Learning pada Proses Pembelajaran di Sekolah Pendekatan Joyful Learning pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar, (July).

Lestari, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives, 1(2), 150–157. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Rini, J. (2017). Problematika Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) dan Alternatif Solusinya. Journal of Medives, 1(2), 112–122. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Shen, L., Farid, H., & Mcpeek, M. A. (2008). [ No Title ]. Evolution, 1–14.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. (akarta: Prenadamedia Group.

Published
2019-07-29
How to Cite
AzizahN., JariyahA., AriantiW., & H.N. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII-I SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 43-52. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.398