GEOMETRI FRAKTAL DAN TRANSFORMASI GEOMETRI SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MOTIF BATIK SEKAR JAGAD

  • Linda Dwi Fenti Anggraini SMK 17 Agustus 1945 Muncar Banyuwangi

Abstract

Batik adalah bagian dari kebudayaan yang telah menjadi keseharian masyarakat Indonesia.Setiap motif yang digambarkan pada kain biasanya memiliki filosofi atau makna-makna tertentu yang dipengaruhi oleh kondisi disekitar pembuat batik, salah satunya adalah motif batik SekarJagad. Pengembangan motif batik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan pola-pola geometri fraktal. Pengembangan tersebut dapat dipadukan dengan perkembangan teknologi informasi sehingga diperoleh variasi yang lebih beragam.

Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang bertujuan mengembangkan motif batik sekar jagad dengan pola-pola geometri fraktal berbantuan transformasi geometri serta aplikasi Maple 13 dan Corel Draw. Pola-pola geometri fraktal yang digunakan (segitiga Sierpinski, kurva Hilbert/Peano, Koch Snowflake, dan himpunan Mandelbrot) yang telah dibangkitkan sampai beberapa iterasi kemudian ditransformasikan, dan selanjutnya disatukan dengan menggunakan aplikasi sehingga terbentuk motif batik sekar jagad.

References

Garvan, F. (2002). The Maple Book. Boca Raton London New York Washington, DC: A CRC Press Company.

Mandelbrot, B. B. (1983). The Fractal geometry of Nature. New York: W. H. Freeman and Company.

Musfiqon. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanah, & Hartono. (2009). Geometri. Surabaya: Unesa University Press.

Tyas, F. Y. (2013). Analisis Semiotika Motif Batik Khas Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 1 Nomor 4, 328-339.

Ulinnuha, M. J. (2009). Perancangan Software Batik Berbasis Geometri Fraktal. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Yogyakarta, B. (2014, Oktober 30). Batik Tulis with Highest Quality. Retrieved April 21, 2017, from Batik Yogyakarta: http://batik-tulis-com/blog/batik-yogyakarta

Yunirahman, A. B. (2015). Penggabungan Geometri fraktal Dengan Batik Labako. Jember: Universitas Jember FMIPA (Skripsi Tidak dipublikasikan).

Published
2019-07-29
How to Cite
AnggrainiL. D. F. (2019). GEOMETRI FRAKTAL DAN TRANSFORMASI GEOMETRI SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MOTIF BATIK SEKAR JAGAD. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.384