PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP

  • Muhtarom Muhtarom Universitas PGRI Semarang
  • Hendrisa Adrillian
  • Achmad Bahrul Huda M.H
  • Marfianto Ribowo
Keywords: Game edukasi matematika, Numerasi, SPLDV

Abstract

Permainan dalam bentuk game edukasi diperlukan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE digunakan untuk mengembangkan game edukasi numerasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP di Kabupaten Kendal. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes dan angket respon siswa setelah pembelajaran menggunakan game edukasi. Sebelum digunakan, instrumen divalidasi terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan valid berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Uji keefektifan menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa setelah penggunaan game edukasi lebih baik dibandingkan kemampuan numerasi siswa sebelum menggunakan game edukasi. Selanjutnya uji kepraktisan berdasarkan penilaian siswa memiliki kepraktisan yang sangat baik. Game edukasi matematika berbasis android menggunakan software Adobe Animate untuk pembelajaran SMP kelas VIII dinyatakan valid, efektif dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

References

Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434-443.

Aini, A. N., Anggoro, B. S., & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Program Linier Berbantuan Sparkol. Union, 6(3), 289-296.

Amrulloh, T. R., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan game edukasi matematika (operasi bilangan pecahan) berbasis android untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 5(2), 115-123.

Ang, C. S., & Rao, G. R. K. (2008). Computer game theories for designing motivating educational software: A survey study. International Journal on E-Learning, 7(2), 181-199.

Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). pengembangan game edukasi menggunakan Software Construct 2 berbantuan Phet Simulation berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038-3052.

Baroroh, U., Tririnika, Y., & Yuliani, I. Mathematic literation abilities based on PISA-Like. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(2), 61-68.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.

Eldiana, N. F. (2019). Pengembangan game “COC” RPG Maker MV sebagai media pembelajaran pada materi KPK. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 150-160.

Hidayatullah, P., Daswanto, A., & Nugroho, S. P. (2011). Membuat mobile game edukatif dengan Flash. Bandung: Informatika Bandung.

Irawan, H., Wijayanti, T., & Pututama, A. P. (2022). Suka Angka: Game pembelajaran berbasis android guna meningkatkan numerasi siswa di Sekolah Dasar. JUTECH: Journal Education and Technology, 3(1), 13-24.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. URL: http://gln.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 28 Oktober 2021

Maryana, I. M. S., Candiasa, I. M., & Waluyo, D. (2018). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Deret Bilangan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 19-30.

PISA. (2020). Kerangka matematika PISA 2021. https://pisa2021-maths.oecd.org/, Diakses tanggal 28 Oktober 2021.

Prasetyo, M. F., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan permainan monomath pada materi persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Purpura, D. J., Baroody, A. J., & Lonigan, C. J. (2013). The transition from informal to formal mathematical knowledge: Mediation by numeral knowledge. Journal of Educational Psychology, 105(2), 453.

Ramadhan, K., Astuti, L. W., & Verano, D. A. (2016). Game edukasi tebak gambar bendera negara menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(2): 27-32.

Safitri, A. W., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan game edukasi dengan konteks kearifan lokal Banten pada materi matriks. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 319-328.

Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. New York, NY: Routledge.

Sutrisno, H. (2020). Pengembangan game edukasi android Mat Croco berorientasi pada penalaran matematika. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(2), 409-434.

Syadafi, F., Izzati, N., & Febrian, F. (2021). Game edukasi matematika materi lingkaran kelas VIII SMP. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 682-689.

Published
2022-12-30
How to Cite
MuhtaromM., AdrillianH., Bahrul Huda M.HA., & RibowoM. (2022). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 95-108. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2176