KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA 2021

  • Putri Febrianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurjanah Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kesulitan, PISA, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal PISA terutama soal PISA 2021. Subjek penelitian ini adalah 5 orang siswa SMP kelas VII di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA 2021 yaitu kesulitan dalam memahami soal dan memecahkan permasalahan matematika hal ini dikarenakan tingkat literasi matematika siswa yang sangat rendah dan juga rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diujikan.

References

Anggoro, T., dkk. (2007). Metode Penelitian. Universitas Terbuka.

Cooper, B., & Dunne, M. (2000). Assessing Children’s Mathematical Knowledge: Social Class, Sex And Problem-Solving. Open University Press.

Dewi, A. I. C., Zulkardi, & Yusuf, M. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Tahun 2012 Level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–15.

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitta, 1(1).

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kemendikbud.

Kemendikbud, B. S. K. dan A. P. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA).

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33.

Munayati, Z., zulkardi, & Santoso, B. (2015). Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 9(2), 188–206.

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus.

OECD. (2018). PISA 2021 mathematics framework (second draft).

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students’ errors. Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584.

Wilkens, H. J. (2011). Textbook Approval systems and the Program for International Assesment (PISA) Result: A Preliminary Analysis. IARTEM E-Journal, 4(2).

Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021 : Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020), 706–713.

Published
2022-05-19
How to Cite
FebriantiP., & NurjanahN. (2022). KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA 2021. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 13-24. https://doi.org/10.36526/tr.v6i1.1664