PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar dengan menggunakan model assure dan model ekspositori dalam pembelajaran matematika. Model assure dipilih karena memiliki kelebihan adanya keterlibatan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan model rancangan factorial design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik MA terakreditasi B di Samarinda. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak bertahap (multistage random sampling), yaitu peserta didik Kelas X MA Al Uswah dan Kelas X MA Muslimin Indonesia Center. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk essay untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik dengan model pembelajaran assure memiliki aspek kelancaran 59,11%, keluwesan 47,14%, dan keaslian 49,09% dengan rerata skor 74,56 dan standar deviasi 2,71 sedangkan kreativitas yang dengan pembelajaran ekspositori memiliki tingkat kreativitas dari aspek kelancaran 47,7%, keluwesan 43,49%, dan keaslian 43,62% dengan skor rata-rata 64,68 dan standar deviasi 2,12. Hasil belajar dengan model assure termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar dengan model ekspositori berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajar antara pembelajaran dengan model assure dan ekspositori.
References
Abdul, F. dkk. (2019). Statistik Multivariate. Rajawali Pers.
Amrullah. (2018). Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3533
Ananda, R. dkk. (2018). Statistik Pendidikan. CV. Widia Puspita.
Eva, R. (2016). Pengaruh Aplikasi Model Assure Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2), 8–14. https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3543
Gunawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 1(3):166 DOI: 10.29303/Jpft.V1i3.254.
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 37–49. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.559
Maisaroh, R. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(2), 157–172. https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.571
Maya Sari, W. (2016). Penerapan Model Assure Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1468–1477.
Nawawi. (2018). Mendesain Pembelajaran Efektif Berdasarkan Model ASSURE. Prosiding PKM-CSR, VOL. 1 (2018), 1, 1302–1307.
Pamungkas. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562
Pradnya, N. W. (2014). Model Pembelajaran Assure Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2.
Pribadi, B. A. (2011). Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Dian Rakyat.
Sasmita. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Problem Posing pada Materi Bangun Datar. Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–16.
Siswono, T. Y. E. (2014). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. 2014.
Sudaryono. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sukmadina. (2011). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suryana, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran. 1(November 2012), 58–69. https://doi.org/10.1021/ie50479a043
Widarjono, A. (2015). Statistika Terapan. UPP STIM YKPN.