MATHEMATICS ANXIETY DAN HASIL BELAJAR : ADAKAH PENGARUHNYA?

  • Agis Yusup Safari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: ex post facto, kecemasan matematika, hasil belajar matematika

Abstract

Kurangnya hasil belajar matematika siswa kelas IX di salah satu SMP di Rawamerta menjadi latar belakang penelitian ini. Sehingga penelitian ini ditujukan untuk menelaah adanya pengaruh mathematics anxiety terhadap hasil belajar siswa di Sekolah tersebut. Seluruh siswa kelas IX di Sekolah tersebut menjadi populasi dalam penelitian, dengan sampelnya sebanyak 72 siswa yang tersebar di enam kelas dan diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data mathematics anxiety dan hasil belajar matematika diperoleh dari angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan regresi linear sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mathematics anxiety berpengaruh negatif terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan regresi  dan koefisien determinasi sebesar 0,748. Artinya 74,8% hasil belajar matemtika siswa dipengaruhi oleh mathematics anxiety.

References

Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.417

Arigiyati, T. A. (2017). Pengaruh Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 27–35.

Aryani, T. D., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematis, Problem Stress Matematika Dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 243–252.

Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1), 59–65.

Ikrimah, I., Rahmi, M., & Darmawan, R. N. (2017). Studi Etnomatematika di Kalangan Petani Desa Kelir Kecamatan Kalipuro. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 50–59.

Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471–482. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_11

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75–83.

Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi Gaya Mengajar dan Konten Matematika sebagai Faktor Penentu Kecemasan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143–154.

Kusuma, A. P., Safa’udin, M., & Rahayu, R. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran TPS dan TAI terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran. Jurnal Tecnoscienza, 3(1), 29–40.

Lai, Y., Zhu, X., Chen, Y., & Li, Y. (2015). Effects of mathematics anxiety and mathematical metacognition on word problem solving in children with and without mathematical learning difficulties. PloS One, 10(6), e0130570.

Lestariningsih, L., & Sholichah, B. (2017). Pengaruh Sikap Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1742

Luttenberger, S., Wimmer, S., & Paechter, M. (2018). Spotlight on math anxiety. Psychology Research and Behavior Management, 11, 311–322. https://doi.org/10.2147/PRBM.S141421

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Nuraisyah, M., & Izzati, N. (2020). Self - Efficacy pada Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bentuk Aljabar Madrasah Tsanawiyah Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 100–108. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.5453

Rochmawati, A., & Hariastuti, R. M. (2017). Analisis Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field dependent. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 1–15.

Setiani, Y. (2018). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 38–46. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12258

Setyaningsih, T. D. (2016). Keefektifan Problem Based Learning dengan Seting Kolaboratif Ditinjau dari Prestasi Belajar Aljabar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Siswa SMP. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43313

Sidqi, M. B., & Rachmawati, L. (2019). Pengaruh Nilai Matematika Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 81–91.

Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50.

Sutiyono, S., Nurimani, N., & Suyanto, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Diskusi dan Demonstrasi pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 25–33.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 16–23.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85–100.

Published
2021-03-18
How to Cite
Agis Yusup Safari, & Adi Ihsan Imami. (2021). MATHEMATICS ANXIETY DAN HASIL BELAJAR : ADAKAH PENGARUHNYA?. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 403-413. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1162