PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang dapat digunakan dalam pembelajaran online. LKPD yang dikembangkan juga untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII semester II. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kualitas LKPD dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3.31. Berdasarkan angket kepraktisan, LKPD dinyatakan praktis dengan skor 3.57. Efektivitas LKPD ditinjau dari hasil tes pemahaman konsep matematika per indikator.
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JIP Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(11).
Basori, B. (2014). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722
Devita Yohanie, D., & Samijo. (2019). Pengembangan Modul Berdasarkan Pemecahan Masalah Polya Pada Mata Kuliah Analisis Vektor. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(2), 172–181.
Dewi, R., Jaya, W. S., & Rahmawati, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 1(2), 1–11.
Fauziah, A., & Sukasno, S. (2015). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN I Lubuklinggau. Infinity Journal, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.67
Firdaus. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286
Lestari, F., & Gita Andriani, D. (2019). Validasi Modul Berbasis Literasi Pada Matakuliah Statistika Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(1), 36–42.
Ningsih, S. C., & Sunanti, T. (2020). Developing Student Worksheet for Learning Independence. 2nd UPY Internasional Conference On Applied Science and Education 2020 (UPINCASE 2).
Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86
Rais, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 189–205. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.473
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saefulmulah, R. M. I., & M Saway, M. H. (2020). Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(November), 393–404. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), 687. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). , (2020).
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Tiasto, R. H., & Arliani, E. (2015). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Metode Two Stay Two Stray Efektivitasnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 tawangmangu. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 5(4), 1191–1198. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/issue/view/440
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015 Universitas Negeri Semarang, 217–225.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462
Wahyuni, R., Efuansyah, & Sukasno. (2020). Developing Student Worksheet Based On Missouri Mathematics Project Model By Using Think-Talk-Write Strategy Of Class VIII. Infinity Journal of Mathematics Education. P-ISSN 2089-6867. E-ISSN 2460-9285, 9(1), 81–92.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. E-ISSN 2540-7694. P-ISSN 0854-5251, 26(2), 189–204.
Widyoko, S. E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.