ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

  • Wulan Permata Sari STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Lucy Asri Purwasi STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Yufitri Yanto STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Teorema Pythagoras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber, yaitu berupa hasil tes dalam bentuk uraian sebanyak 3 soal, wawancara tidak berstuktur dan dokumentasi berupa buku catatan siswa dan LKS siswa. Sampel terdiri dari 24 siswa dengan kemampuan yang berbeda yaitu, rendah, tinggi dan sedang. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa persentase rata-rata kesalahan konseptual siswa sebesar 99% dalam kategori sangat tinggi, persentase rata-rata kesalahan prosedural siswa sebesar 63% dalam kategori tinggi, dan persentase rata-rata kesalahan komputasi siswa sebesar 82% dalam kategori sangat tinggi.

References

Ardiyanti, S. A., & Farihah, U. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Pemecahan Masalah Polya. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika, pp 389-398.

Dewi, E. P. (2016). Identifikasi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII E SMP N 1 Srandakan. Skripsi: Tidak diterbitkan.

Evianti, N., Jafar, Busnawir, & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTis Negeri 2 Kendari dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran. Jurnal Pen-didikan Matematika, 10(2), 138-149.

Gunawan, A. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (2), 216-225.

Hananta, F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 29- 35.

Hasan, N., Subanji, & Sukorianto. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 468—477.

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Peme-cahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 415-426.

Purwasi, L. A. (2020). The Development of Higher Order Thinking Skill on Junior High School Students Through Guided Inquiry-Based Leraning Approach. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(2), 311-322.

Resliana, E. D., & Nurmeidina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, pp 18-23.

Rohmah, A. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Mts dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 433-442.

Rudyanto, H. E. (2017). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 43-50.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.

Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan Sains, 7(01), 1-14.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yadrika, G. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. JJPM, 12(2), 1-18.

Zulyanty, M. (2019). Newman Error Analysis Siswa Madrasah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 379-388.

Published
2020-12-24
How to Cite
SariW. P., PurwasiL. A., & YantoY. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 387-401. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.1009