Hubungan Status Gizi Dengan Kemampuan Motorik Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Rejotangan

  • Nanda Iswahyudi Universitas Kahuripan Kediri
  • Muhammad Kharis Fajar Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Status gizi dan keterampilan motorik siswa perlu dipertimbangkan. Memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik dapat mendukung keterampilan motorik siswa yang akan memengaruhi kehidupan masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan kemampuan siswa sepeda motor. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 7 di MTS Kabupaten Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, dengan 100 anak. Untuk variabel status gizi, pengukuran menggunakan uji berat / tinggi badan (BB / TB), dan untuk keterampilan motorik variabel, dengan instrumen berikut: Standing Broad Jump, Wall pass, dan Weight. Teknik analisis data menggunakan uji t. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi untuk mengetahui hubungan status gizi dan kemampuan motorik, penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara status giz terhadap motorik siswa MTS se Kecamatan Rejotangan. Hasil perhitungan diperoleh hubungan antara status gizi dengan kemampuan motorik sebasar 0,057. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis hubungan tersebut dinyatakan positif dan signifikan karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel hasil korelasi antara status gizi dengan kemapuan motorik bernilai positif artinya status gizi dengan kemampuan motorik bernilai positif artinya status gizi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan gerak motorik, denganĀ  adanya pernyataan tersebut rata rata status gizi pada MTS se kecamatan Rejotangan dapat diterima. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa hunungan status gizi dengan mototrik siswa terdapat hubungan yang signifikan dimana dapat dilihat dari hasil uji korelasi antara status gizi dengan motorik siswa.

Published
2019-10-12
How to Cite
Nanda Iswahyudi, & Muhammad Kharis Fajar. (2019). Hubungan Status Gizi Dengan Kemampuan Motorik Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Rejotangan. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1), Fisiologi-Or 7. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/613