Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2019
Abstract
Tujuan penelitian ini : 1) untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar siswa sekolah dasar laboratorium Universitas Nusantara PGRI Kediri 2) sebagai data guru tentang kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar Laboratorium Universitas Nusantara PGRI , 3) sebagai bahan evaluasi untuk menuju prestasi yang lebih baik. Target khusus dalam penelitian ini adalah memberikan informasi khusus bagi guru pendidikan jasmani “bagaimana tingkat Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Laboratorium Univrsitas Nusantara PGRI Kediri tahun 2019?†Hasil penelitian ini hendaknya dapat berguna bagi siswa yang menjadi objek penelitian dan guru pendidikan jasmani serta para pembaca maupun praktisi olahraga ketika hasil penelitian telah dipublikasikan di Jurnal atau Proceding Nasional Ber-ISSN. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei Jenis penelitian ini adalah non eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas III dan IV sekolah dasar Laboratorium Iniversitas Nusantara PGRI Kediri yang berjumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan teknik sampling jenuh. Instrument pengumpulan data berupa tes dan pengukuran yang terdiri dari tes lari 40 meter, lompat jauh, lari zig zag, lempar tangkap bola, dan berdiri satu kaki. Teknik analisis data dengan menggunakan presentase. Hasil analisis data tentang kemampuan motorik kasar siswa sekolah dasar laboratorium Universitas Nusantara PGRI Kediri dapat nilai relevansinya dengan prasyarat menunjukkan bahwa pada siswa sekolah dasar laboratorium universitas nusantara PGRI Kediri mempunyai kriteria keterampilan motorik dengan kategori baik sekali 0%, pada kategori baik 32,5%, pada kategori sedang 42,5 %, 15% pada kategori kurang dan 10% pada kategori kurang sekali.