Peningkatan Kompetensi Guru Pendjasorkes Melalui Pelatihan Cabang Olahraga Hockey sebagai Alternatif Pengembangan Prestasi dalam Cabang Olahraga Beregu di Kabupaten Demak

  • Fery Darmanto Universitas Negeri Semarang
  • Rumini Universitas Negeri Semarang
  • Imam Santoso C. W Universitas Negeri Semarang
  • Supriyono Universitas Negeri Semarang
  • Lutfhi Abdil Khuddus Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan khusus pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Jasmani khususnya dalam bidang prestasi olahraga beregu. Dalam hal ini khususnya olahraga hockey. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyampaian informasi dan teori di dalam kelas, teori perwasitan dan praktek teknik dasar. Hasil observasi dan pengisian angket yang telah disebarkan kepada murid dan guru ada beberapa hal yeng menarik para guru tertarik dan ingin mengembangkan disekolah selagi ada follow up dari Pengcab FHI Kabupaten Dema. Dengan adanya hal tersebut akan mendorong sinergi yang kuat untuk mencari bibit atlet dan persaingan yang kompetitif dalam pembinaan atlet yang akan datang yang berasal dari sekolah yang menjadi binaan dari Pengcab FHI Kabupaten Demak. Simpulan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah sebagai berikut :1) Guru Pendjasorkes di Kabupaten Demak sangat mendukung dengan diperkenalkannya olahraga hockey sebagai salah satu cabang olahraga unggulan baru di Kabupaten Demak, 2) Guru Pendjasorkes di Kabupaten Demak semakin yakin untuk mengembangkan olahraga hockey ini yang dibuktikan setelah diadakannya pelatihan ini mereka “membuka diri†sekolahnya untuk menerima sosialisasi yang akan dilakukan oleh FHI Kabupaten Demak.

Published
2019-10-12
How to Cite
Fery Darmanto, Rumini, Imam Santoso C. W, Supriyono, & Lutfhi Abdil Khuddus. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Pendjasorkes Melalui Pelatihan Cabang Olahraga Hockey sebagai Alternatif Pengembangan Prestasi dalam Cabang Olahraga Beregu di Kabupaten Demak. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1), Pendidikan-Or 16. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/602