Kemajuan Pembangunan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Upaya Penguatan Karakter Masyarakat Berwawasan Konservasi Di Jawa Tengah

  • Endro Puji Purwono Universitas Negeri Semarang
  • Roas Irsyada Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembangunan Pendidikan Jasmani dan Olahraga yang ditinjau dari sport development index guna peningkatan kualitas pendidikan jasmani berwawasan konservasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang ditinjau dari SDI. Intrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis SDI. Subjek penelitian menggunakan sampel yaitu 90 orang yang diambil dari 3 kecamatan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis SDI. Subjek penelitian menggunakan sampel 70 orang. Nilai SDI di Pekalongan berjumlah 0,199 dan masuk dalam kategori rendah. Pemerintah harus membuat kebijakan tentang pengembangan dan peningkatan kualitas dan kuantitas fasilitas dan infrastruktur olahraga dan melakukan perencanaan program untuk mendorong dan mengembangkan olahraga rekreasi, seperti hari bebas mobil pada akhirnya. Kegiatan olahraga seperti senam, jalan santai atau olahraga rekreasi lainnya. kegiatan sehingga orang lebih tertarik pada kegiatan olahraga. Masyarakat harus memanfaatkan ruang terbuka olahraga dengan bijak dan memiliki rasa satu sama lain. Selain itu, ia juga menggunakan latihan ruang terbuka dengan tanggung jawab penuh dan peduli terhadap lingkungan sehingga menjadi lebih nyaman saat melakukan kegiatan olahraga.

Published
2019-10-12
How to Cite
Endro Puji Purwono, & Roas Irsyada. (2019). Kemajuan Pembangunan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Upaya Penguatan Karakter Masyarakat Berwawasan Konservasi Di Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1), Pendidikan-Or 8. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/600