Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Qr Code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja

  • Guntur Firmansyah IKIP Budi Utomo Malang
  • Didik Hariyanto IKIP Budi Utomo Malang
  • Rubbi Kurniawan IKIP Budi Utomo Malang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam tentang pengaruh bahan ajar berbasis Qr code untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan dasar bermain tenis meja. Sebagai solusi untuk memecahkan masalah maka peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain kelompok tak terkontrol dengan pretest dan posttest sedangkan data yang diperoleh pada pretest dan posttest berdasarkan proses pengambilan data melalui angket motivasi belajar dan tes keterampilan tenis meja memukul bola kedinding. Variabel bebas adalah bahan ajar berbasis qr code variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan keterampilan dasar bermain tenis meja. Populasi untuk penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi IKIP Budi Utomo Malang angkatan tahun 2016 kelas A dan B. Untuk sample yang digunakan sebanyak 30 orang dengan rincian 15 orang dari masing-masing kelas. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh bahan ajar brbasis qr code  terhadap motivasi belajar dan keterampilan dasarbermain tenis meja hal ini bisa dilihat pada nilai signifikansi <0,05 (sig < 0,05).

Published
2019-10-11
How to Cite
Guntur Firmansyah, Didik Hariyanto, & Rubbi Kurniawan. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Qr Code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1), Pembelajaran-Or 29. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/589