Pengembangan Buku Ajar pada Mata Kuliah Perkembangan Motorik Berbasis Aplikasi Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PJKR IKIP Budi Utomo Malang

  • Achmad Afandi IKIP Budi Utomo Malang
  • Ratno Susanto IKIP Budi Utomo Malang

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan mengembangkan buku ajar berbasis Aplikasi Lectora pada mata kuliah Perkembangan Motorik di IKIP Budi Utomo Malang. Pengembangan buku ajar Perkembangan Motorik Berbasis Aplikasi Lectora ini menggunakan metode research development (R&D) dengan Model 4 D (Difine, Design, Develop, and Dessiminate) penelitian ini diawali dari tahapan define yang mana pada tahapan ini dilakukan identifikasian konsep-konsep materi yang harus dibuat dalam media Lectora. Kemudian pada tahapan design dilakukan perancangan dan pembuatan media Lectora. Selanjutnya media Lectora dibuat dan dirancang, dilakukan pada tahap develop yakni validasi produk oleh pakar dan uji coba produk pada proses perkuliahan. Menurut hasil yang diperoleh pada tahapan develop ini, baru dapat dinyatakan bahwa produk ini valid dan praktis serta bisa dilanjutkan ketahap dessiminate (penyebarluasan). Pada pengembangan buku pembelajaran aplikasi  berbasis lectora ini, pada matakuliah perkembangan motorik melalui model pengembangan 4 D. berdasarkan dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan uji coba kelompok kecil yang sudah dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa media Lectora layak digunakan sebagai aplikasi dari pengembangan buku ajar biasa  dengan rata-rata nilai kelayakan 85%. Termasuk pada kriteria “sangat Valid “. Maka berdasarkan hasil tersebut bahwa media Lectora layak digunakan dalam jumlah yang lebih luas.

Published
2019-10-11
How to Cite
Achmad Afandi, & Ratno Susanto. (2019). Pengembangan Buku Ajar pada Mata Kuliah Perkembangan Motorik Berbasis Aplikasi Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PJKR IKIP Budi Utomo Malang. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1), Pembelajaran-Or 25. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/588