Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Kelas VII Di SMP Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran passing bawah bolavoli bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rogojampi - Banyuwangi dengan menggunakan model pembelajaran yang dimodifikasi sehingga bisa membuat anak–anak lebih senang, aktif, kreatif, dan termotivasi untuk bermain bolavoli. Spesifikasi produk yang diharapkan adalah buku panduan tentang model pembelajaran passing bawah bolavoli yang dimodifikasi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rogojampi-Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk ahli dan siswa. Dengan kualifikasi 2 pelatih bolavoli dan 1 guru pendidikan jasmani, dan untuk ujicoba peneliti menggunakan kelompok kecil yang terdiri dari 10 siswa dan kelompok besar terdiri dari 15 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyebutkan bahwa hasil evaluasi ketiga ahli yang terdiri dari 2 ahli bolavoli dan 1 ahli pembelajaran adalah 90,22%, sedangkan hasil evaluasi uji tahap I (uji kelompok kecil) dan uji tahap II (uji kelompok besar) adalah 83,33%, sehingga produk ini dapat digunakan dalam pengembangan model pembelajaran passing bawah bolavoli di SMP Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan data yang dikumpulkan dari ahli bolavoli, ahli pembelajaran dan siswa SMP Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi saat uji coba tahap I dan ujicoba tahap II dan memperhatikan hasil analisa data yang telah dilakukan, maka semua model pembelajaran layak dan dapat digunakan.