Rekontruksi Bangker Jepang Sebagai Obyek Pariwisata Melalui Sarana Olahraga (Studi Kasus Gumok Kantong Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi)

  • Agus Mursidi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Dhalia Soetopo Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian tentang rekontruksi peninggalan sejarah melalui pariwisata dengan metode sarana olahraga telah dimulai sejak tahun 1970-an dan dari penelitian ini telah membuktikan bahwa even olahraga memiliki dampak yang besar pada sektor pariwisata. Namun di Indonesia, hanya sedikit masyarakat dan pemerintah yang peduli dengan pelaksanaan even olahraga bagi pariwisata dan pelestarinan peninggalan sejarahnya. Padahal dengan adanya penyelenggaraan even olahraga dan sarana  sangatlah berpengaruh pada bidang ekonomi, politik, dan pariwisata dan pelestarian sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk merekonturksi Banker Jepang sebagai Obyek wisata baru melalui sarana olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, ada dua jenis data yang digunakan, data primer diambil dengan menggunakan metode dokumenter, yaitu data tentang peluang yang bisa di ambil dari pendapat masyarakat dan opini pemuka masyarakat, dan data sekunder dengan menggunakan wawancara untuk  para pedagang  yang berada di sekitar daerah tujuan wisata serta semua pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan rekontruksi. Selain itu, data sekunder juga berasal para wisatawan untuk mengetahui alasan mereka datang tempat tersebut. Penelitian ini diharapakan bisa digunakan sebagi reverensi bagi dinas yang terkait baik dinas pariwisata maupun pemerintah daerah, kebarauan dari penelitin ini masih belum ada peneliti yang melakukan penelitian ini sehingga secara teoritis ini saying penting untuk dilakukan agar bisa menumbuhkan ekonomi dari sector pariwisata melalui pelestarian sejarah dengan metode sarana olahraga.

References

. Kartodirjo, Sartono (Editor Umum) 1976. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Jakarta Departemen Pendidikan dan kebudayaan

. Ministry of Jobs, Tourism, and Innovation. 2011. Sport Tourism 5th ed. British Colombia : MJTI

. Daniels, M.J. 2007. Central Place Theory And Sport Tourism Impacts. Annals ofTourism Research, Ed.34 Vol.2 Pg.332-347

. Moeliono. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

. Chawari, Muhammad. 2015. “Model Pertahanan Jepang Di Kabupaten Lumajang Dan Jember, Jawa Timur: Tipologi Dan Arah Sasaran.†Berkala Arkeologi 35 (2): 163–78. http://berkalaarkeologi.kemdikbud.g o.id/index.php/berkalaarkeologi/arti cle/viewFile/63/127.

. Budhiman, Ageng. 1992. “Benteng Menara Abad XIX di Pulau Bidadari, Perairan Teluk Jakarta (Tinjauan Bentuk dan Fungsi).†Universitas Indonesia

. Marihandono, Djoko. 2008. “Perubahan peran dan fungsi benteng dalam tata ruang kota.†Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia 10 (1): 144–60.http://staff.ui.ac.id/system/files/users/dmarihan/material/artikelperubah anfungsidanperanbenteng.pdf.

. I Gde Pitana dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta : Andi Offset

. Undang-Undang No.10 Tahun 2009. Kepariwisataan. Jakarta: Kemenbudpar

. Freeman, R.E. dan J. McVea. 2001. “A Stakeholder Approach to Strategic Managementâ€.http://papers.ssm.com/so13/papers.efm?abstract_id=26351 1. SSRN. Diakses tanggal 2 juni 2019.

. Bucher, C.A., (1979), Foundations of Physical Education, The C.V. Mosby Company, London.

. Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

. Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

. Masyhuri dan M. Zainuddin. (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Teori dan Aplikasi. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Published
2019-10-11
How to Cite
MursidiA., & Soetopo D. (2019). Rekontruksi Bangker Jepang Sebagai Obyek Pariwisata Melalui Sarana Olahraga (Studi Kasus Gumok Kantong Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi). Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1), Pariwisata-Or 11. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/574