Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional

  • Arie Ramadhani Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Olahraga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Permainan anak tradisional sebagai bagian aktivitas fisik juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Permainan anak tradisional cenderung tidak menarik untuk dimainkan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pengaruh arus modernisasi dengan jenis permainan modernnya. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional anak-anak sebagai upaya untuk melestarikan permainan tradisional. Identifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional anak-anak dilakukan dengan kajian literatur publikasi hasil-hasil penelitian berbasis internet. Hasil identifikasi ditampilkan dalam bentuk tabel dan selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan nilai-nilai pendidikan karakter yang dominan dalam permainan anak tradisional. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa permainan tradisional anak memiliki nilai pendidikan karakter. Aspek karakter personal dan karakter sosial banyak ditemukan di permainan tradisional. Aspek lainnya adalah karakter kebangsaan dan karakter keagamaan.

Published
2018-11-21
How to Cite
RamadhaniA. (2018). Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), OR-TRA 6. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/175