Survei Tingkat Kemampuan Gerak (Motor Ability) Siswa Putra Ekstrakurikuler Pencak Silat SMP NU Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun 2018

  • Moh. Nur Kholis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Septianing Lusianti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan gerak (motor ability) pada siswa putra ektrakurikuler pencak silat SMP NU Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Penelitian dilakukan selama 7 hari yaitu dari tanggal 22 sd 27 Januari 2018. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan metode survei dan menggunakan Barrow motor ability test yang meliputi: 1) Standing broadjump, 2) Soft ballthrow, 3) Envelope run,  4) Wall pass,  5) Medicine ball-put, dan 6) Lari 60 yard dash. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Putra kelas VIII tingkat SMP se-kecamatan Pace dengan populasi yang berjumlah 192 siswa dan sampel dari tiap sekolah yang berjumlah 30siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif dengan persentase menggunakan bantuan program komputer Microsoft Excel dan SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa data hasil keseluruhan  dari  pengukuran  power  otot  tungkai,  power otot  lengan,   kelincahan, koordinasi mata dan tangan, power otot lengan, dan kecepatan diperoleh hasil terdapat berada pada kategori sedang sebanyak 7 siswa (7,8%), berada pada kategori kurang sebanyak 23 siswa (92,2%), dan tidak ada hasil dari kategori baik sekali, baik, dan kurang sekali. Berdasarkan pengabungan hasil keenam tes  tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa putra ektrakurikuler pencak silat SMP NU Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk memiliki kemampuan gerak (motor ability) berkategori kurang sebesar(92,2%).

Published
2018-11-21
How to Cite
KholisM. N., & LusiantiS. (2018). Survei Tingkat Kemampuan Gerak (Motor Ability) Siswa Putra Ekstrakurikuler Pencak Silat SMP NU Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun 2018. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), KEP-OR 27. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/170