Perbandingan Pembelajaran Menggunakan Projected Motionmedia Dan Pembelajaran Menggunakan Projected Still Media Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bolavoli
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan antara guru dengan siswa yang mempunyai tujuan guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dan siswa dapat memahami materi pembelajaran yang diberikan. Peranan media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh semua guru terutama guru pemula yang biasanya masih kurang percaya diri dan kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian tentang perbandingan pembelajaran menggunakan projected motion media dan pembelajaran menggunakan projected still media terhadap hasil belajar passing atas pada permainan bolavoli. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre experimental design dengan pre-test dan post-test group.Populasi yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas X siswa SMKNegeri6 Surabaya. Kemudian diambil acak dua kelas perlakuanya itu kelas X5 dan kelas X3 yang menjadi sampel penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai t-hitung lebih kecil daripada t-tabel (1,25< 2,00). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perbandingan antara siswa yang diberi perlakuan projected motion media dan siswa yang diberi perlakuan projected still media tidak mempunyai perbedaan yang bermakna