Perencanaan dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK )

  • I Made Sriundy Mahardika Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bagaimana merencanakan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) yang berbasis pada tujuan-tujuan belajar dan karakteristik siswa, serta implikasinya terhadap arah kebijakan pembelajaran PJOK di sekolah. Dewasa ini kemampuan guru dalam merancang silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis pada tujuan-tujuan belajar dan karakteristik siswa, sangat lemah. Tidak sedikit guru hanya melakukan copy paste dari RPP orang lain tanpa kajian yang berbasis pada tujuan-tujuan belajar, karakteristik siswa, dan potensi sekolah sehingga memerlukan pemikiran inovatif untuk menata ulang PJOK agar lebih berdaya guna. PJOK sebagai bagian integral pendidikan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi fisik (phisical potential), mengembangkan nilai-nilai olahraga (sport values), dan menanamkan gaya hidup sehat (healthy livestyle) dalam upaya pembentukan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul. Berkaitan dengan itu maka setiap guru mata pelajaran termasuk guru PJOK harus kompeten pula mendisain rencana pengajarannya yang mengintegrasikan baik aspek kognitif, afektif, psikomotor, maupun sosial ke dalam proses belajar mengajar termasuk metodologi pengajaran dan sistem evaluasi. Guru PJOK harus diarahkan menjadi pendidik yang mampu melaksanakan tugas-tugas keguruannya yaitu membantu siswa mencapai tujuan-tujuan pengajarannya secara berkelanjutan sehingga mampu menghasilkan siswa yang sehat, memiliki kualitas fisik memadai, dan memiliki nilainilai budaya dan karakter yang tertanam dalam peri kehidupannya

Published
2018-11-09
How to Cite
MahardikaI. M. S. (2018). Perencanaan dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK ). Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), KEY 1-9. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/153