Latihan Strategi Serangan Olahraga Futsal Untuk Akademi Futsal Surakarta (Studi Pengembangan Futsal Pada Akademi Futsal Surakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya kebutuhan untuk menyusun latihan strategi serangan yang baik, pelaksanaan uji coba model strategi serangan pemain futsal, dan mengetahui efektifitas model strategi serangan yang disusun pada pemain futsal Akademi Futsal di Surakarta. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian Research and Development yang dilakukan menggunakan 4 tahap yaitu studi pendahuluan tahap pengembangan strategi serangan, tahap uji coba produk, dan uji efektivitas produk. Hasil dari evaluasi futsal dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil evaluasi ahli futsal untuk data kuantitatif berupa hasil persentase yaitu 83,48%, Uji coba kelompok kecil dilaksanakan menggunakan 30 subjek. Hasil persentase dari uji kelompok kecil sebesar 78,23. Uji coba kelompok besar dilaksanakan menggunakan 50 subjek Hasil persentase dari uji kelompok besar sebesar 82.59%. Hasil uji efektifitas menunjukkan ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan strategi serangan dan metode latihan konvensional dalam peningkatan kemampuan serangan pemain futsal. Simpulan terakhir produk dinyatakan terbukti efektif meningkatkan kemampuan strategi serangan pemain.
References
[2] Tenang, john d. (2008) Mahir Bermain Futsal: Dilengkapi Teknik dan Strategi Bermain. bandung: mizan media utama.
[3] Jaya, A. (2008) ‘Futsal: Gaya Hidup, Peraturan, dan Tips-tips Permainan’, Yogyakarta: Pustaka Timur.
[4] Wijayanti, D. I. P. R. and Kushartanti, B. M. W. (2014) ‘Model tes keterampilan dasar futsal bagi pemain KU 10-12 tahun’, Jurnal Keolahragaan, 2(1), pp. 32–45.
[5] Hermans, V. and Engler, R. (2011) Futsal: Technique, Tactics, Training. united kingdom: meyer & meyer verlag.
[6] Moleong, L. J. (2004) ‘Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..(2009)’, Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).
[7] Notoatmodjo, S. (2010) ‘Metodologi penelitian kesehatan’. Jakarta: rineka cipta
[8] Sugiono, D. P. (2015) ‘Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development’. Bandung: Alfabeta.
[9] Suharsimi, A. (2009) ‘Dasar-dasar evaluasi pendidikan’, Jakarta: Bumi Aksara.
[10] Sukadiyanto, S. (2010) ‘Stress dan cara menguranginya’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).
[11] Sukmadinata, N. S. (2012) ‘Metode penelitian memberikan deskripsi, eksprorasi, prediksi, inovasi, dan juga dasar-dasar teoretis bagi pengembangan pendidikan’, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Windschitl, M.(2004). What types of knowledge do teachers use to engage learners in doing science. Seattle: the National Academy of Sciences.
[12] Winarno, M. E. (2011) ‘Metodologi penelitian dalam pendidikan jasmani’, Media Cakrawala Utama Press, Malang.
[13] Wiyono, B. B. (2007) ‘Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research)’, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.