Tingkat Partisipasi Masyarakat Berolahraga dengan Permainan Tradisional Di Kampoeng Batara

  • Wawan Setiawan Universitas PGRI Banyuwangi
  • Moh. Agung Setiabudi Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Banyuwangi tengah membenahi sektor pariwisata dan lebih mengangkat budaya asli dari Banyuwangi. Selain  memiliki budaya yang sangat menarik, banyak permainan tradisional yang unik dan menarik yang bisa berpengaruh terhadap aktivitas fisik dari masyarakat. Permainan tradisional juga dapat berkonstribusi dalam perkembangan olahraga terutama di Kabupaten Banyuwangi khususnya di Kampung Batara di Kecamatan Kalipuro.  Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat pembangu nan olahraga di Banyuwangi, 2) untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam melakukan olahraga dengan permainan tradisional yang ada di Banyuwangi.Rancangan penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik survey dan tes. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive smping. Instrument yang digunakan berupa angket untuk mengetahui Partisipasi Olahraga, dan serangkaian protocol Multi stage Fitness tes untuk mengetahui tingkat pembangunan olahraga dari indikator kebugaran masyarakat. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah 1) tingkat pembangunan olahraga di Banyuwangi dengan permainan tradisional masih ada dalam katagori rendah, 2) tingkat partisipasi masyarakat dalam melakukan olahraga tradisional masih dalam katagori rendah,

References

Setiawan,W & Santoso, D.A.2019. Tingkat Keterampilan Gerak Dasar Dengan Permainan Tradisional Bali. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan Volume 8 No 2.Hal 1-5.

Cahyani, D. 2014. Permainan Tradisional: Media Pembelajaran di Dalam Kelas BIPA. Disampaikan Dalam Asile 2014 Conference.

Dyah Putri Makhmudi & Mohammad Muktiali.2018. Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Prasarana Lingkungan Pada Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (Plpbk) Di Kelurahan Tambakrejo, Kota Semarang. Jurnal Pengembangan Kota (2018) Volume 6 No. 2 (108–117)

Mutohir, TC & Maksum, A.2012. Sport Development Index. Jakarta : PT Indeks.

Maksum, A,dkk.2004. Pola Partisipasi Masyarakat dalam berolahraga. Jakarta Ditjen Olahraga.

Kemenegpora,2012. Laporan SDI Nasional tahun 2012. Jakarta : Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga.

Desi, N. Partisipasi Masyarakat dan Tingkat Kebugaran Jasmani Bagian dari Pembangunan Olahraga Kabupaten Wonogiri. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 6. Nomor 2. Edisi Desember 2016.

Prasetyo, Y. Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional. MEDIKORA VOL XI. No.2 Oktober 2013:219-228

Yophie, J, 2016. Hubungan Motivasi Olahraga Dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Melakukan Olahraga Sepak Bola Di Kampung Kadong-Dong Desa Banjarmasin Provinsi Banten. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu.

Dedi,A . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Volume 1, Nomor 4 : 258 –27 November 2015

Uceng, A.dkk. 2019. Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Sumber Daya Manusia DiDesa Cemba Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Jurnal MODERAT, Volume 5, Nom or 2, Mei 2019, hlm 1-17.

Published
2020-12-29
How to Cite
Wawan Setiawan, & Moh. Agung Setiabudi. (2020). Tingkat Partisipasi Masyarakat Berolahraga dengan Permainan Tradisional Di Kampoeng Batara. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 3(1), Partisipasi- Or 01. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/1077

Most read articles by the same author(s)