Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP

  • Arfiati Ulfa Utami Teknologi Hasil Perikanan, Universitas PGRI Banyuwangi, Banyuwangi
  • Indra Kusuma Wardani Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Jombang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Srono, Kabupaten Banyuwangi, menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Process, Product). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran IPA berkategori baik (88%) berdasarkan kesesuaian antara Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan standar proses pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran IPA berkategori sangat baik (93%) yang ditunjukkan dari kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanan pembelajaran, (3) hasil belajar peserta didik telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan aktualitas ketercapaian 91% yang berkategori sangat baik, dan (4) terdapat kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar IPA yang berkategori yang sangat baik (96%) dimana guru melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses sehingga pelaksanaan pembelajaran berlangsung efektif.

Published
2019-11-29