Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Abstract
Arti dari pemahaman konsep, Depdiknas menyatakan bahwa, “pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalahâ€. (dalam Kesumawati, 2008: 3). Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa adalah kemampuan siswa dalam menerjemahkan, menjelaskan, dan menyimpulkan suatu konsep matematika berdasarkan pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis subjek dalam mengerjakan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis subjek dalam mengerjakan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; (3) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes tulis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terdapat 4 subjek yang mampu mencapai indikator pemahaman konsep matematis dimana subjek mampu menyatakan ulang sebuah konsep dan mengklasifikasikan objek sesuai dengan konsepnya; menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan mengaplikasikan konsep. Kata kunci : pemahaman konsep, konsep matematis, SPLDV