Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan

  • Laili Safitri Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Komunikasi matematis merupakan cara siswa mengekspresikan ide-ide matematis baik secara lisan, tertulis, gambar/diagram, menyajikan dalam bentuk aljabar, atau menggunakan simbol matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta lapangan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran di sekolah belum memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan gagasan terkait pemahaman mereka. Dalam hal ini penulis menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII menggunakan indikator-indikator pada komunikasi matematis dengan memilih subjek sebanyak 6 siswa kelas VII yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal matematika materi Himpunan yang ditinjau dari kemampuan komunikasi matematisnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes dan wawancara Hasil penelitian menunjukkan Subyek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu mengindetifikasi, memahami, mengevaluasi dan menggunakan istilah, symbol, notasi untuk menyajikan ide matematika meskipun tidak sempurna. Subyek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang belum mampu menguasai salah satu indikator kemampuan komunikasi matematis, Subyek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah, kurang mampu menguasai indikator-indikator kemampuan komunikasi matematika dengan baik. Adapun saran bagi siswa hendaknya dapat dijadikan sebagai bekal pengetahuan tentang kemampuan komunikasi matematis, sehingga proses komunikasi matematis memungkinkan bagi siswa untuk mengembangkan ide-ide dan membangun pengetahuan matematikanya.

Published
2019-11-29