Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam memecahkan masalah open-ended

  • ma’rifatul mufidah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • puguh darmawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • novi prayekti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau gagasan yang baru dalam menghasilakan suatu cara dalam menyelesaikan masalah, bahkan menghasilkan cara yang baru sebagai solusi alternatif.. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran masalah yang berbasis open-ended. Berfikir kreatif adalah suatu kegiatan mental yang bisa menghasilkan sesuatu yang baru hasil dari pengembangan. Agar mendapat data dalam penelitian ini, peniliti menggunakan intrumen untuk yang berupa tes kemampuan berpikir kreatif dalam soal open-ended. Dalam penelitian ini, peneliti menggukan siswa SMP dengan subyek sampel dari siwa kelas VII. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan cara berpikir kreatif dari setiap siswa yang menjadi subyek dalam penelitian ini. dan dari beberapa siswa yang sudah menjadi obyek hasil dari pekerjaan mereka tidak ada yang sama meskipun cara yang mereka gunakan sama dalam mengerjakan soal tersebut. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, Yang bertujuan untuk melatih cara berfikir siswa dalam menyelesaikan masalah open – ended. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Berfikir kreatif adalah suatu kegiatan mental yang bisa menghasilkan sesuatu yang baru hasil dari pengembangan. Dengan berpandangan pada 4 indikator pertama fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), originality (kemurnian), dan elaboration (mengembangkan).

Published
2019-11-29