UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Ernawati Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Abstract

Latar Belakang: Menciptakan multi interaksi dalam proses pembelajaran agar berlangsung efektif dan efisien, guru harus menguasai berbagai metode pembelajaran, salah satunya adalah metode karya wisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode karya wisata terhadap peningkatan hasil belajar biologi.
Metode:Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus (siklus I dan II). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Kolaka dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa.Data yang diperoleh (hasil observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa) dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian:Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, hal ini dilihat dari peningkatan persentase indikator aktivitas belajar siswa. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,95 (kategori sedang) meningkat menjadi 78,42 (kategori tinggi) pada siklus II dan jumlah siswa yang hasil belajarnya tuntas meningkat dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan: Penerapan metode karya wisata dalam pembelajaran biologi maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kolaka.

Published
2019-11-29