MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DENGANPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA KULIAH KEANEKARAGAMAN HEWAN OFFERING A DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

  • Tri Maniata Sari Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
  • Sri Endah Indriwati Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Herawati Susilo Susilo Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif mahasiswa masih belum berkembang secara maksimal. Faktor yang mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif mahasiswa yaitu model pembelajaran yang digunakan.Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat memberdayakan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa adalah Group Investigation (GI).(Tujuan)Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI).
Metode:Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2016 kelas A yang menempuh matakuliah keanekaragaman hewan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS). Data keterampilan berpikir kreatif diperoleh dari hasil tes essay yang didukung hasil observasi, pengerjaan LKM dan juga resume.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI).
Kesimpulan: Model pembelajaran GI mampu meninkatkan keterampilan berpikir kreatif.

Published
2019-11-29